Tips dan Cara Membersihkan Kamera HP yang Berdebu di Dalam

  • oleh

Kamera merupakan salah satu bagian yang yang terpenting dalam HP. Hal ini dikarenakan kamera digunakan untuk merekam berbagai momen yang terjadi. Oleh karena itu, kamera HP perlu dijaga kondisinya. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada kamera HP adalah kameranya berdebu. Hal ini tentu mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, kamera HP yang sudah berdebu perlu dibersihkan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kamera HP agar tidak berdebu. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan cairan pembersih. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membuka casing HP bagian belakang. Setelah itu, bagian kamera dibersihkan dengan menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan dengan cairan pembersih. Akan tetapi, saat membersihkan lensa kamera, pengguna perlu berhati – hati karena lensa kamera gampang tergores. Setelah itu, kamera yang sudah dibersihkan dikeringkan dengan menggunakan tisu kering. Selanjutnya, casing HP dipasang kembali dan kamera bisa digunakan.

Cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kamera HP yang berdebu adalah dengan menggunakan blower karet mini. Pengguna bisa membuka casing HP terlebih dahulu. Setelah itu, nyalakan blower karet mini dan arahkan ke arah kamera. Sehingga, angin yang dihasilkan oleh blower karet mini dapat menerbangkan debu yang menempel di kamera. Setelah itu, lensa kamera dibersihkan dengan kapas. Selanjutnya, casing HP dipasang kembali dan kamera bisa digunakan kembali.