Termasuk Sungai Yangtze , Sungai Terpanjang di Benua Asia adalah Sebagai Berikut

  • oleh

Sungai adalah salah satu sumber kehidupan. Sungai besar dan panjang juga sering dijadikan sarana transportasi. Salah Satu Sungai Terpanjang di Benua Asia adalah Sungai Yangtze. Namun banyak juga sungai lainnya yang mempunyai panjang yang hampir sama di Asia. Berikut beberapa ulasan tentang sungai terpanjang di Asia untuk anda.

3 Sungai Terpanjang di Asia

  1. Sungai Yangtze

Tercatat bahwa Sungai Yangtze adalah sungai yang terletak di Cina. Panjang sungai ini mencapai 63000 kilometer dan termasuk ke dalam daftar sungai terpanjang di dunia menempati posisi ketiga. Sungai ini juga menjadi batas budaya antara Sungai Kuning di bagian utara dan Sungai yangtze di bagian selatan.

  1. Sungai Kuning

Masih di negara cina, sungai terpanjang di Benua Asia adalah Sungai Kuning. Sungai Kuning atau disebut juga Hwangho adalah sungai yang mengalir di daerah Cina Utara. Sungai ini tercatat menjadi pusat kebudayaan cina di selatan. Panjang sungai mencapai 5.464 kilometer menjadikan sungai ini menempati posisi kedua terpanjang setelah Yangtze.

  1. Sungai Mekong

Walaupun berada pada urutan ke 12, Sungai Mekong adalah sungai panjang yang ada di Asia. Sungai ini mempunyai panjang sekitar 4909 km. Sangking panjangnya sungai ini melewati enam negara sekaligus yaitu Thailand, kamboja, Laos, Cina, Myanmar dan Vietnam. Itulah tiga besar sungai yang ada di Asia yang bisa anda ketahui.