Tempat Wisata di Kabupaten di Riau

  • oleh

Liburan tahun baru akan segera tiba, sudahkan Anda merancang tempat mana saja yang ingin Anda kunjungi? Jika belum, cobalah untuk berkunjung ke kabupaten di Riau. Disana, banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Riau cukup beragam, bahkan menjadi salah satu penyumbang destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Salah satu kabupaten di Riau yang menyimpan sejuta pesona keindahannya yaitu kabupaten Rokan Hulu dan Rokan Hilir. Lantas apa saja destinasi wisata yang ada di dua kabupetan yang ada di Riau tersebut? Berikut ini beberapa destinasi tempat wisata yang berlokasi di kabupaten Rokan Hulu dan Rokan Hilir yang akan Ekspedisi Jakarta Sumatera berikan kepada Anda.

Air Terjun Aek Martua

Destinasi tempat wisata yang pertama yaitu Air Terjun Aek Martua. Air Terjun Aek Martua merupakan salah satu destinasi tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Tepatnya berada di Dusun Huta Padang Kecanatan Bangun Purba, Rokan Hulu, Provinsi Riau.Nama Aek Martua sendiri diambil dari bahasa suku Batak Mandaling.

Air Terjun Aek Martua ini memiliki tiga tingkatan dimana setiap tingkatan memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda.Ketinggian setiap tingkatan berkisar antara 15-40 meter. Maka dari itu, banyak para wisatawan menyebut air terjun aek mertua ini dengan sebutan air terjun Tangga Seribu. Setiap tingkatan air terjun ini memiliki lanskap yang berbeda-beda.

Untuk air terjun tingkatan pertama memiliki hamparan batu yang cukup luas. Sedangkan, untuk tingkat kedua memiliki kolam 250 meter untuk sarana pemandian. Sementara itu, tingakatn ketiga yaitu air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter. Tidak hanya itu saja, Air Terjun Aek Martua ini juga memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri.

Pertama, air terjun ini menyajikan pemandangan hutan yang membuat udara di sekitar menjadi segar dan sejuk. Kedua, adanya batuan cadas yang mempunyai tekstur unik dan alami yang membuatnya menjadi semakin lebih indah. Adapun mata air Aek Martua ini berasal dari sungai yang bersumber dari Bukit Simalombu. Bukit tersebut merupakan salah satu rangkaiam dari Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera.

Danau Napangga

Untuk destinasi tempat wisata kedua, Ekspedisi Jakarta Sumatera akan menjelaskan salah satu wisata yang terletak di Rokan Hilir. Destinasi tempat wisata tersebut bernama Danau Napangga.Danau Napangga yang terletak di Desa Tanjung Medan ini memiliki luas sekitar 500 hektar.Tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah saja, danau ini juga memiliki legenda tersendiri.

Konon, Danau Napangga ini disebut-sebut sebagai tempat persinggahan dan peristirahatan raja dan permaisuri pada zaman dahulu.Selain memiliki legenda yang melekat, danau ini juga memiliki ciri unik tersendiri.Ciri unik dari Danau Napangga ini ialah air danaunya yang tenang. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan stress atau penat.

Selain itu, Danau Napangga ini merupakan habitat spesies ikan arwana Sumatera atau ikan kayangan yang terkenal langkah dan mahal. Jadi, selain bersantai sambil menikmati udara yang segar, Anda juga bisa memancing, mendayung, atau sekedar berenang di tepi Danau.

Selain kedua destinasi wisata diatas, masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang berlokasi di kabupaten Rokan Hulu dan Rokan Hilir. Misalnya wisata bahari Pantai Jamur, wisata budaya Sinaboi, wisata religi Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu, Wisata Alam Batu Gajah, wisata sejarah Istana Rokan dan berbagai wisata lainnya.