Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

  • oleh

Jika Anda suka tanaman hias dan ingin memiliki tanaman hias yang fungsinya tidak sekadar dekorasi, Anda dapat memilih tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk. Dengan begitu, rumah Anda bisa bebas dari serangga tersebut dan keluarga Anda menjadi lebih terlindung. Berikut ini beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang direkomendasikan:

Lavender

Lavender adalah salah satu tanaman hias yang sudah dikenal mampu mengusir nyamuk. Pasalnya, sudah banyak produk seperti obat nyamuk yang menggunakan aroma lavender.

Lavender digunakan bukan tanpa alasan, melainkan karena tanaman hias yang bunganya berwarna ungu ini memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Aroma ini berasal dari minyak atsiri yang terdapat pada kuncup bunganya.

Lavender termasuk tanaman yang tahan karena mampu menghadapi berbagai iklim. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah. Namun, jangan lupa untuk memberikan air dan cahaya matahari yang cukup agar pertumbuhannya baik.

Serai

Serai yang memiliki nama ilmiah Citronella grass adalah tanaman yang kerap digunakan sebagai bumbu masak. Meski begitu, serai juga dapat ditanam di halaman atau pekarangan rumah sebagai penghias rumah.

Sama seperti lavender, serai juga memiliki kandungan minyak atsiri yang tidak disukai oleh nyamuk. Bahkan serai menjadi salah satu tanaman yang paling tidak disukai oleh nyamuk.

Serai adalah tanaman yang adaptif sehingga perawatannya pun cukup mudah. Oleh karena itulah Anda tidak perlu khawatir jika ingin memiliki tanaman pengusir nyamuk di pekarangan atau halaman rumah.

Kemangi

Daun kemagi sudah biasa dipetik untuk dijadikan lalapan oleh masyarakat Indonesia walau aromanya menyengat. Ini karena sebagian orang justru suka dengan aroma khas kemangi tersebut. Oleh karena itulah kemangi terkadang ditanam di halaman atau pekarangan rumah untuk dipetik daunnya sebagai lalapan.

Namun, aroma kemangi yang wangi dan menyengat dan disukai manusia justru tidak disukai oleh nyamuk. Oleh karena itulah menanam kemangi berarti memiliki lalapan untuk disantap sekaligus memiliki pengusir nyamuk alami.

Rosemary

Seperti serai, rosemary juga termasuk tanaman rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masak. Di samping sebagai bumbu masak, rosemary juga dapat dijadikan tanaman hias. Sebagai tambahan, karena rosemary memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh nyamuk, tanaman ini pun dapat dijadikan sebagai pengusir nyamuk.

Geranium

Geranium merupakan tanaman hias yang bunganya beraroma harum. Aroma harum inilah yang membuat nyamuk enggan untuk mendekat. Oleh karena itulah tanaman hias yang satu ini juga dapat ditanam di rumah untukmenghindarkan keluarga Anda dari serangga merugikan tersebut.

Catnip

Catnip merupakan tanaman yang memiliki aroma kuat karena masih satu keluarga dengan tumbuhan mint. Aroma kuat yang dihasilkan catnip berasal dari bunganya dan sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Aroma ini mudah mrenyebar dan sifatnya beracun sehingga perlu dijauhkan dari hewan peliharaan. Pasalnya, aroma tersebut cukup berbahaya bagi hewan peliharaan. Oleh karena itulah Anda lebih disarankan untuk menanam tanaman pengusir nyamuk lain yang lebih aman jika memiliki hewan peliharaan.

Anggrek memang tidak termasuk dalam tanaman hias pengusir nyamuk. Namun, keindahan bunganya tidak perlu diragukan lagi, termasuk bunga cattleya.

Pasalnya, anggrek merupakan tanaman hias yang dikenal memiliki banyak jenis dengan bentuk dan warna bunga yang berbeda-beda, termasuk anggrek cattleya yang bunganya besar, menarik, dan juga tahan lama hingga disebut Queen of Orchids.