Sejarah dan Lokasi Hutan Mangrove Surabaya

  • oleh

Wisata Hutan Mangrove Surabaya adalah salah satu wisata yang tergolong masih baru. Loka wisata yang satu ini resmi dibuka sejak 2010 silam dengan lokasinya yang masih dalam tahap pengembangan.

Tentang Hutan Mangrove Surabaya

Sejarah Hutan Mangrove

Sejarah Hutan Mangrove Surabaya memiliki sejarah didirikan oleh Lembaga Masyarakat Wonorejo. Mereka prihatin akan kondisi pantai bagian Timur Surabaya karena sering mengalami abrasi.

Namun alasan sesungguhnya juga bukan hanya itu saja, melainkan juga guna menjaga keberadaan hutan di wilayah Surabaya yang semakin ke sini justru semakin berkurang. Kini pengelolaan hutan mangrove sudah diambil alih oleh pemerintah lokal.

Hutan Mangrove Surabaya pun dikembangkan terus menerus karena memiliki potensi sebagai tempat berlindungnya satwa liar agar tidak punah. Salah satu hewan langka yang ada di dalamnya adalah satwa kera ekor panjang yang mulai langka.

Lokasi Hutan Mangrove Surabaya

Karena lokasinya yang baru saja berdiri di tahun 2010, wajar jika masih banyak yang bertanya-tanya di mana lokasi wisata yang satu ini. Wisata hutan mangrove berada di Jalan Raya Wonorejo no. 1 kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.

Rute Menuju Hutan Mangrove

Perjalanan menuju ke Hutan Mangrove bisa dimulai dari jalan kayu menuju ke pendopo.  Di mana pendopo ini merupakan tempat yang biasa digunakan untuk beristirahat sejenak sebelum sampai ke dermaga. Pengunjung akan melihat beberapa frame bamboo yang indah di sini.