Poin Penting Perkenalan Dalam Bahasa Inggris

  • oleh

Ketika kita berada di lingkungan yang baru, sudah sewajarnya bagi kita untuk mengenalkan diri kepada orang lain. Tujuannya agar orang-orang lain mengenal kita dengan baik. Tidak hanya mengenal nama, dengan memperkenalkan diri, orang lain dapat mengetahui hobi, pekerjaan dan tempat dimana kita tinggal. Serupa dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga mempelajari cara untuk memperkenalkan diri dengan baik dan benar. Perkenalan dalam bahasa Inggris sendiri hadir dengan beberapa poin penting yang dapat nantinya dapat membantu kita dalam mengenalkan diri kepada orang lain.

Hal Penting yang Harus Disampaikan Ketika Perkenalan Dalam Bahasa Inggris

Cara penyampaian perkenalan dalam bahasa Inggris tidak berbeda ketika kita mengenalkan diri dengan menggunakan bahasa Indonesia. Ketika mengenalkan diri, kita dapat menyampaikan salam pembuka, menyampaikan kalimat perkenalan, nama, umur, hobi dan penyampaian kalimat penutup. Sebelum kita mengenalkan diri kepada orang lain, ada baiknya jika kita memperhatikan kondisi, situasi, lawan bicara dan tujuan mengenalkan diri. Ketika kita berada di lingkungan kampus, sekolah dan lingkungan pertemanan, penyampaikan perkenalan diri dilakukan dengan cara yang santai. Berbeda ketika kita berada di lingkungan pekerjaan, kita harus mengenalkan diri dengan cara yang lebih formal. Berikut ini beberapa poin penting pengenalan diri yang perlu untuk diperhatikan:

Opening atau pembuka

Pada opening, kita akan memberikan kalimat sapaan atau bertanya kabar orang-orang yang ada di sekitar. Pada bagian ini, kita dapat menggunakan kalimat sapaan bahasa Inggris seperti:

  • Good morning, good afternoon, good night. How are you?
  • Hello, everyone….

Content atau isi

Sebelum kita memasuki bagian content atau isi, kita harus memastikan tujuan dari perkenalan diri. Kita perlu menyampaikan tujuan di depan lawan bicara dengan menggunakan kalimat “ Can i introduce myself? “. Setelah menyampaikan maksud atau tujuan, kita dapat memasuki isi utama dari bagian content. Content utama yang perlu disampaikan antara lain:

Personal detail

Pada bagian ini, kita akan menyebutkan nama panggilan atau nickname dan nama lengkap atau full name.

Identitas diri

Pada poin ini, hal-hal yang perlu untuk disampaikan adalah tempat lahir, tanggal lahir dan usia kita. Contohnya:

I was born in Solo. I am 20 years old.

Address atau alamat tempat tinggal

Pada saat menyebutkan tempat tinggal, kita perlu menyampaikan alamat rumah dan kota dimana kita tinggal. Penyebutan tempat tinggal dapat diikuti dengan kata in, at atau on. Penggunaan kata tersebut digunakan untuk kalimat yang berbeda. Kata “ in “ digunakan untuk menyebutkan wilayah yang cakupannya lebih luas. Kata “ on “ digunakan untuk cakupan yang lebih sempit. At digunakan untuk kawasan yang lebih spesifik.

  • Job or study
  • Interest

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris pada bagian ini menjelaskan akan hobi atau hal-hal yang kita sukai.

Penutup

Perkenalan Diri Berdasarkan dengan Situasi dan Kondisi

Sesuai dengan penjelasan mengenai perkenalan diri dalam bahasa Inggris di atas, kita dapat melihat bahwa mengenalkan diri yang baik harus disesaikan dengan situasi dan kondisi. Perkenalan diri tidak hanya dapat digunakan untuk memberi tahu informasi akan diri kita sendiri tetapi dapat digunakan ketika kita akan memulai untuk presentasi, menjelaskan akan kesibukan yang kita jalani atau sekedar berkenalan dengan orang baru guna memulai persahabatan.