Perbedaan CV dan Resume

  • oleh

Melamar pekerjaan merupakan salah satu hal yang gampang-gampamg susah bagi banyak orang. Ada yang baru melamar sekali langsung diterima, ada pula yang melamar hingga beberapa kali sehingga bisa diterima di suatu perusahaan. Melamar pekerjaan memang merupakan salah satu hal yang menantang namun harus Anda hadapi jika ingin bekerja.

Saat melamar tentu saja akan ada beberapa berkas yang harus dilampirkan. Beberapa berkas yang harus dilampirkan ke perusahaan tempat Anda melamar antara lain CV dan resume. Apa perbedaan dari CV dan resume? Baca terlebih dahulu, agar Anda tahu perbedaan dari kedua teks tersebut.

Kedua berkas ini wajib dilampirkan jika Anda ingin melamarkan diri ke suatu perusahaan. Di Inggris, banyak pelamar yang mengirimkan CV atau Curriculum Vitae. Di Amerika Serikat, para pelamaar akan mengirimkan resume ke perusahaan impiannya. Bagaimana dengan di Indonesia? Di negara kita, biasanya wajib mengirimkan CV dan resume.

Apa Itu CV?

Banyak orang mengira bahwa CV dan resume adalah dua hal yang sama. Namun ternyata isi dari kedua berkas ini berbeda, lho. Jadi apa perbedaan CV dan resume? Mari kita bahas mulai dari CV terlebih dahulu, CV adalah suatu tulisan secara mendalam dan kronologis dari hidup seseorang. Jadi, CV akan berisi tentang Riwayat hidup Anda.

Karena Anda akan menceritakan tentang kehidupan Anda, maka isi dari CV yang Anda tulis biasanya akan mencantumkan apa saja prestasi Anda, dimana Anda mengenyam Pendidikan, dan juga kualifikasi yang Anda punya. Untuk bagian prestasi bisa dicantumin prestasi baik itu akademis maupun non akademis.

Saat Anda menulis CV, jangan lupa untuk menulis beberapa informasi pribadi seperti tempat dan tanggal lahir, status kewarganegaraan Anda, status perkawinan, dan juga foto yang bersifat formal. Namun ada pula recruiter yang lebih menyukai CV yang sudah diedit sedemikain rupa sehingga bukan hanya sekedar Riwayat hidup dari seseorang saja.

Apa Itu Resume?

Setelah mengetahui pengertian dari CV, maka Anda akan mengetahui pengertian dari resume. Meskipun dua berkas ini wajib dilampirkan sebagai ajang untuk promosi diri kepada perusahaan, namun CV dan resume adalah dua hal yang berbeda.

Jika CV merupakan Riwayat kehidupan Anda, maka resume adalah suatu ringkasan yang berisi tentang gagasan tentang tentang siapa Anda. Bisa dibilang bahwa resume adalah iklan singkat tentang diri Anda untuk diketahui oleh perusahaan. Karena itulah contoh resume yang baik adalah yang singkat, padat, dan jelas.

Dalam resume, maka Anda akan memberikan penjelasan yang singkat tentang siapa Anda. Dalam resume pula Anda akan menerangkan mengapa perusahaan harus memilih Anda untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Sertakan pula alasan mengapa skill Anda diperlukan pada posisi yang Anda lamar.

Dari sini sudah mulai terlihat perbedaan antara CV dan resume, bukan? Jika CV bisa ditulis hingga dua halaman atau lebih karena berisikan tentang Riwayat hidup Anda, maka sebaiknya resume hanya terdiri dari satu lembar saja. Hal ini karena resume berisi ringkasan dari apa saja kemampuan yang Anda punya.

Contoh resume yang baik adalah yang berisi tentang hal yang penting dan relevan saja. Karena itu isi dari CV tidak akan berubah. Namun isi dari resume bisa berubah tergantung dari perusahaan dan posisi apa yang Anda lamar. Anda bisa menuliskan ringkasan singkat tentang kemampuan dan prestasi Anda sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Nah, sudah siapkan Anda membuat CV dan resume yang baik dan benar?

 

 

Tag: