Penyebab Mobil Bergetar pada Kecepatan Rendah

  • oleh

Timbulnya getaran ketika mesin mobil dinyalakan adalah hal yang wajar dan normal. Namun, getaran mesin normalnya tidak akan sampai ke dalam kabin karena telah diredam oleh komponen tertentu.

Oleh karena itulah ketika getaran mobil sampai ke kabin, misalnya ketika mobil bergerak pada kecepatan rendah, maka Anda perlu waspada. Pasalnya, getaran yang sampai ke kabin merupakan tanda bahwa ada komponen mobil yang bermasalah. Penyebab mobil bergetar pada kecepatan rendah antara lain:

  1. Engine Mounting Rusak

Pada mobil terdapat engine mounting, yaitu komponen yang dibuat khusus untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh mesin agar getaran tidak sampai ke kabin. Engine mounting terbuat dari karet yang kenyal sehingga mampu meredam getaran dengan baik.

Namun, sama seperti komponen lainnya, engine mounting juga memiliki umur pakai dan suatu saat bisa rusak. Kerusakan pada engine mounting disebabkan karena bagian karetnya yang tidak lagi kenyal, bahkan pecah sehingga komponen ini tidak mampu lagi meredam getaran yang dihasilkan oleh mesin mobil.

Akibatnya, getaran dari mesin mobil pun bisa sampai ke kabin ketika kendaraan melaju dalam kecepatan rendah.

  1. Kopling Rusak

Kopling yang rusak adalah salah satu komponen yang menyebabkan mobil bergetar pada kecepatan rendah. Pada umumnya, kerusakan kopling hanya akan menimbulkan getaran ketika pedal kopling dilepas dan mobil sedang dalam kecepatan rendah. Sementara pada kecepatan tinggi, getaran akibat kopling rusak tidak akan terasa.

Getaran yang muncul akibat kopling yang rusak disebabkan oleh permukaan kampas kopling yang tidak rata. Selain itu, clutch cover atau flywheel yang tidak rata juga dapat menyebabkan getaran. Hal ini dapat terjadi karena terjadinya benturan di antara komponen-komponen tersebut ketika pedal kopling dilepas.

  1. Internal Mesin Bermasalah

Selain kedua masalah yang telah disebutkan di atas, getaran yang terasa di kabin ketika mobil melaju dalam kecepatan rendah juga dapat disebabkan oleh internal mesin yang bermasalah. Misalnya koil lemah, injektor mobil tersumbat, silinder mesin yang kompresinya hilang, maupun komponen lain yang setelannya tidak tepat.

  1. As Roda Rusak

As roda merupakan komponen yang fungsinya untuk meneruskan putaran mesin ke roda. Komponen ini dibentuk dari bearing serta batang besi khusus nan kuat yang ketika mengalami kerusakan, putaran yang dihasilkan oleh komponen ini pun tidak akan seimbang.

Akibatnya, akan muncul getaran yang dibarengi dengan bunyi “klotok-klotok” yang terasa hingga ke kabin. Kerusakan pada as roda umumnya berupa batang besi yang sudah tidak seimbang maupun bearing yang sudah aus.

  1. Velg Benjol

Velg atau ban yang benjol atau bergelombang juga dapat menjadi masalah yang menyebabkan getaran mobil sampai ke kabin baik ketika kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Oleh karena itulah melakukan pengecekan secara rutin serta spooring dan balancing perlu dilakukan setidaknya sekali setiap 20.000 km.

Dengan begitu, mobil dapat melaju dengan lurus dan seimbang tanpa menimbulkan getaran yang sampai ke kabin.

Penyebab mobil bergetar pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi dapat diketahui jika Anda membawa mobil ke bengkel. Namun, jika Anda mengikuti kursusmekanikmobil.net, Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang mobil.

Pasalnya, kursusmekanikmobil.net dapat memberi banyak pengetahuan tentang kendaran roda empat ini baik yang menggunakan teknologi lama maupun baru. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan perbaikan sendiri bahkan membuka jasa bengkel.