7 Rekomendasi Novel Indonesia Best Seller Sepanjang Masa

  • oleh

Indonesia memang terkenal sebagai gudangnya para sastrawan. Ada banyak sastrawan yang menciptakan berbagai macam karya terbaiknya. Salah satunya adalah novel. Ada banyak penulis terkenal di Indonesia yang menerbitkan novel best seller sepanjang masa.

Eksistensi Novel Di Indonesia

Pada dasarnya, eksistensi novel Indonesia  memang tidak pernah padam di hati para peminatnya, Apalagi, bahan baca yang ditemui pada beberapa ruang baca mempunyai daya tarik tersendiri mulai dari alur cerita hingga pesan dan kesan yang disampaikan.

Seiring dengan banyaknya minat baca di Indonesia, berbagai judul novel asli karya penulis Indonesia bermunculan. Setiap  tahun terbit berbagai jenis novel Indonesia terbaru yang ceritanya bervariasi.

Rekomendasi Novel Indonesia

Ada beberapa novel karya penulis Indonesia yang menjadi best seller menurut Ranahnetizen.Com, yaitu ;

  1. 5 Cm

Para pencinta novel pasti sudah tidak asing dengan novel 5 cm. Novel i i bercerita mengenai perjalanan liam sahabat akrab mendaki gunung semeru. Mereka adalah Arial, Riani, Zafran, Ian dan juga Genta. Mereka semua harus melewati berbagai rintangan medan pegunungan yang terjal dan tidak mudah untuk dilalui. Kelima sahabat ini juag dihadapkan pada permasalahan cinta rumit, persahabatan, dan juga impian. Pada tahun 2012, karya tulis karangan Donny Dhirgantoro ini diwujudkan dalam sebuah film layar lebar yang sangat fenomenal hingga sekarang.

  1. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-ayat cinta adalah sebuah novel karya Habiburrahman. Novel ini berkisajh anatara kisah cinta Fahri, Maria dan Aisha. Novel ini berlatar belakang islami. Novel ini menyambet penghargaan sebagai b ovel terbaik baik di Indonesia maupun luar negeri. Di tambah lagi cerita yang disajikan sudah disadur dalam sebuah film yang berjudul Ayat-Ayat Cinta pada tahun 2008. Hingga sekarang film ini banyak dinikmati para pencintanya.

  1. Bumi Manusia

Prameodya Ananta adalah sebuah tokoh sastrawan yang sudah terkenal. Penulis yang akrab dipanggil dengan Pram ini selalu menulis berbagai akrya sastra yang kuar biasa.

Sementar itu, dia juga sering disebut pada setiap nobel sastra dunia. Ini karena  karyanya Bumi Manusia, Jejak langkah , Anak Semua Bangsa dan Rumah Kaca menjadi best seller sepanjang masa.

  1. Cantik itu Luka

Novel yang berjudul cantik itu luka adalah karya pertama dari penulis Indonesia Eka Kurniawan. Novel ini mengangkat cerita seorang perempuan yang mempunyai paras cantik tapi mempunyai jalan hidup yang sangat tragis dan mengenaskan.  Jika membacanya dijamin emosi akan meningkat karena ceritanya penuh dengan emosional.

  1. Lelaki Harimau

Setelah Cantik Itu Luka, Eka Kuniawan kembali menerbitkan karyanya yang berjudul Lelaki Harimau. Ini menceritakan kisah satu keluarga dengan berbagai macam permasalahan yang pelik. Novel ini berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Prince Claus Awards pada tahun2018.

  1. Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara adalah sebuah novel karya Ahmad Fuadi yang menceritakan tentang kisah persahabatan enam santri dari berbagai daerah. Mereka harus menghadapi berbagai macam lika-liku kehidupan di pesantren. Bahkan ada beberapa konflik yang mereka harus hadapi.

  1. Rindu

Rindu adalah novel tere liye yang sangat populer. Novel ini mengambil latar belakang perjalanan sebuah kapal yang akan berlayar dari Indonesia ke Jeddah. Di dalam novel ini kita akan diingatkan mengenai toleransi beragama dan kehidupan yang sempurna.  Cerita yang disampaikan sangat menarik, menyentuh dan banyak mengandung nilai kebaikan yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata.