Msds Iodine

  • oleh

 

Secara umum, Iodine merupakan zat kimia yang diperlukan oleh Tubuh. Meskipun diperlukan oleh tubuh, iodine tetap merupakan senyawa kimia yang tidak bisa sembarangan dalam penanganannya. cara penanganan senyawa iodine tertera pada MSDS iodine. Beberapa sumber makanan memiliki kandungan iodine dan dapat memenuhi kebutuhan asupan iodine pada tubuh.

Iodine banyak dikenal sebagai yodium. Kandungan yodium juga bisa didapatkan melalui garam dapur. Yodium sebanyak 1/2 sendok teh sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan yodium sehari-hari. Kandungan yodium juga bisa didapatkan melalui tanaman seperti sayuran dan buah yang tumbuh di tanah dengan kabar. Daging juga dapat mengandung zat iodine jika hewan tersebjt makan dari tumbuhan yang tumbuh di daerah yang memiliki kandungan iodine tinggi. Hewan laut juga memiliki kandungan iodine yang dapat memenuhi kebutuhan iodine tubuh.

Iodine memiliki peran yang penting bagi tubuh terutama untuk kelenjar tiroid  Jika kebutuhan iodine dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik, berbagai gangguan kesehatan dapat menyerang tubuh, salah satunya adalah pembengkakan kelenjar tiroid atau biasa disebut sebagai gondok. Selain itu kekurangan iodin pada anak dapat menyebabkan penurunan kognitif dan performa otak. Dan jika kekurangan iodine ini terjadi pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi mengalami kerdil dan kesehatan mental menurun.

Kandungan juga bisa didapatkan melalui obat-obatan, tapi penggunaan iodine sebagai obat tidak bisa sembarangan. Sebab Iodine merupakan senyawa kimia yang perlu penanganan khusus dalam penggunaannya. Cara menangani iodine ini bisa dilihat melalui MSDS iodine.

Mengenali Fungsi Iodine

Selain membantu kinerja kelenjar tiroid, faktanya iodine diperlukan hampir di semua fungsi dalam tubuh. Iodine memiliki fungsi penting pada metabolisme tubuh. Iodine memiliki fungsi penting pada prosen ini yaitu memecah makanan menjadi nutrisi melalui kelenjar tiroid dan mekanisme lainnya. Secara umum iodine membantu menjaga detak jantung tetap stabil, mengatur suhu tubuh, meningkatkan pencernaan dan menjaga berat badan yang sehat. Selain fungsi metabolisme, iodine juga memiliki pengaruh pada fungsi otak. Kekurangan iodine pada ibu hamil dapat mengakibatkan autisme pada bayinya. Fungsi iodine lainnya bagi tubuh seperti menjaga tubuh dari racun, mencegah paparan radiasi, antiseptik alami, meningkatkan kesehatan reproduksi, mencegah kerontokan rambut dan menstabilkan suasana hati. Selain memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, terlalu banyak kandungan iodine yang diterima oleh tubuh juga dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Dampak yang dapat terjadi akibat salah penggunaan atau penanganan zat iodine ini dapat dilihat melalui MSDS iodine.

Bahaya dan Pertolongan Pertama Saat Terpapar Zat Iodine

Mengacu pada MSDS iodine tentang bahaya yang ditimbulkan jika terjadi paparan yang sering adalah terjadinya kerusakan pada kelenjar tiroid. Jika kelenjar tiroid mengalami kerusakan metabolisme tubuh juga pasti akan terganggu. Selain itu, bahaya yang ditimbulkan jika zat iodine terbakar adalah asap beracun yang muncul. Zat iodine ini juga tidak bisa sembarangan dibuang. Zat iodine memiliki reaksi kuat apabila bercampur dengan air. Zat iodine juga dapat meracuni ikan apabila iodine dibuang di saluran air.

Untuk pertolongan pertama jika terjadi kontak langsung zat iodine terhadap anggota tubuh sesuai dengan MSDM iodine, apabila terkena mata segera siram dengan air bersih dengan cukup, apabila menggunakan lensa kontak segera lepaskan. Apabila terjadi kontak langsung pada kulit, segera bilas dengan air yang mengalir. Jika terhirup asap beracun dari iodine, segera cari udara segar kemudian hubungi dokter. Kemudian apabila sampai tertelan segera minum air putih dua gelas paling banyak dan periksakan ke dokter.

 

 

Tag: