Jenis-Jenis Motif Batik Jawa Barat Yang Keren

  • oleh

Batik memiliki berbagai jenis menurut daerah asalnya. Seperti motif batik Jawa Barat yang berbeda dengan pola motif batik Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jenis batik Jawa Barat memiliki corak, motif dan warna berbeda. Namun jika disandingkan dengan daerah lain. Batik dari Jawa Barat tak kalah indahnya.

Setiap daerah menunjukkan identias daerahnya sendiri. Begitupun dengan batik Jawa Barat yang mengandung filosofi tersendiri. Batik merupakan bagian panjang dari sejarah Indonesia. Keberadaannya tidak lepas dari peran kerajaan terdahulu yang ada di Pasundan.

Jenis – Jenis Batik Jawa Barat

Batik merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan. Batik memiliki beragam varian. Kamu bisa melihatnya dari motif yang ditonjollkan. Berikut ini merupakan beberapa jenis batik asal Jawa Barat yang bisa ditemukan di tempat Jual baju batik online ataupun offline :

Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung merupakan motif batik yang coraknya mengambarkan awan berwarna cerah. Motif ini merupakan batik khas daerah Cirebon. Adapun sentra batik di kawasan itu diantaranya terletak di daerah Plered, Trusmi dan Kabupaten Cirebon sendiri.

Warna serta pola dari batik ini dipengaruhi oleh letak Cirebon yang dekat pantai. Batik Mega Mendung menjadi motif yang paling banyak diproduksi karena merupakan ciri khas orang Cirebon. Mega Mendung sebagai simbolik pemberi kehidupan dan kesuburan.

Batik Singo Barong

Masih seputar Cirebon, terdapat motif batik lain yakni batik Singo Barong. Batik ini memiliki corak menyerupai kerata singa barong. Menilik dari segi sejarah. Kereta singo barong adalah kendaraan yang tercipta dari tangan seoang pemuda asli Cirebon bernama Loasari sekitar tahun 1954.

Singo barong melambangkan wujud dari empat binatang yakni naga, garuda, macam dan gajah. Dimana keempat binatang tersebut menyiratkan makna kekuatan, keperkasaan dan ketangguhan. Hal ini didominasi dari para leluhur dulu yang memiliki tipe pekerja keras.

Batik Priyangan

Motif batik Jawa Barat yang juga tidak kalah populer adalah batik Priyangan. Batik ini meliputi sejumlah wilayah, seperti Garut, Ciamis dan Tasikmalaya. Symbol batik Priyangn sendiri menggambarkan kesederhanaan masayarakat Jawa Barat. Seperti apa adanya, ramah, cantik, dan terkadang terkesan genit.

Batik Kuningan

Motif batik Jawa Barat selanjutnya adalah batik Kuningan atau disebut juga Paseban Kuningan. Ada beberapa jenis motif di dalamnya. Semisal saja, batik kuda atau batik ikan dewa. Tidak hanya itu, ada juga batik yang terinspirasi dari relief atau ukiran yang terdapat di Gedung Paseban.

Dekorasinya unik dan didominani dengan warna latar gelap. Seperti hitam, biru tua, atau merah tua. Batik kuningan biasanya dibuat dengan beberapa teknik pengerjaan. Diantaranya menggunakan batik canting cap dan batik tulis.

Motif Batik Ciamis

Batik Ciamis merupakan motif campuran dari bati asal Jawa Tengah dan Jawa Barat. Terutama tersirat dari warna Garutan yang kental melambangkan kesederhaan. Motif ini disebut juga dengan batik Ciamisan yang menggambarkan keindahan alam daerah Ciamis.

Batik Cianjur

Sejarah mencatat keberadaan batik Cianjur sudah ada sejak 1920 silam. Jika ditelaah lebih dalam, batik satu ini menggambarkan hasil pertanian. Hal ini karena, masyarakat Cianjur sebagian besar bekerja sebagai petani. Sehingga muncul corak agraris yang kemudian diabadikan dalam sebuah kain.

Batik menjadi pakaian khas orang Jawa. Kini masing – masing daerah mencoba melestarikan batik dengan mengkombinsasikan ke berbagai desain baju yang lebih modern. Hal ini sebagai bentuk pelestarian dan disesuaikan dengan trend anak muda saat ini. itulah sekilas mengenai motif batik Jawa Barat. Semoga dapat menambah wawasan untuk para pembaca.

Tag: