Menghitung kebutuhan Air Bersih Untuk Kehidupan Manusia

  • oleh

Tidak dipungkiri kalau keberadaan air bersih sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga kamu harus tahu cara menghitung kebutuhan air bersih agar tidak sampai mengalami kekurangan.

Perlu kamu tahu bahwa manusia itu bisa tahan tidak makan selama 3 hari, namun tidak bisa hidup tanpa air dalam 3 hari. Melihat hal ini penting sekali kamu tahu berapa kebutuhan air bersih setiap harinya.

Berapa Kebutuhan Air Minum Per Hari

Keberadaan air bersih tidak hanya digunakan untuk dikonsumsi saja, tetapi juga digunakan untuk kebutuhan lainnya. Sehingga keberadaan air bersih sangatlah dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan.

Mengkonsumsi air itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air putih menjadi minuman terbaik karena tidak mengandung zat diuretik, dan tanpa ada bahan pewarna atau pengawet.

Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham akan pentingnya mengkonsumsi air putih. Terlebih mereka juga tidak tahu berapa kebutuhan cairan yang dibutuhkan untuk tubuh.

Jadi kamu harus tahu cara menghitung kebutuhan air bersih untuk tubuh karena kebutuhan air minum setiap orang itu berbeda-beda. Perbedaan ini berdasarkan berat badan, usia seseorang, iklim, dan faktor lainnya.

Kebutuhan air bersih untuk anak anak dan orang dewasa itu berbeda. Untuk orang dewasa dan remaja kebutuhan air putih perhari adalah 8 gelas atau setara dengan dua liter. Jadi takaran itu sudah vital, jadi jangan diabaikan. Bagi mereka yang gemuk, kebutuhan air putihnya juga lebih banyak.

Cara menghitung kebutuhan air bersih yaitu 30 ml per kg berat badan. Apabila kamu memiliki berat badan sekitar 90 kg maka kebutuhan air minum sekitar 2700 ml. Sementara kebutuhan minum untuk ibu hamil bertambah sekitar 300 ml. Sementara untuk ibu menyusui kebutuhan air minumnya lebih banyak hingga 600 ml.

Biasanya tanpa disadari setiap orang itu akan mengeluarkan cairan sekitar 3500 cc. Saat buang air kecil akan membuang cairan sekitar 1000 cc dan buang air besar 200 cc. Terlebih saat cuaca panas ditambah aktivitas yang tinggi akan membuat banyak cairan yang keluar. Jadi dibutuhkan asupan cairan yang lebih banyak agar tidak alami dehidrasi.

Manfaat air bersih untuk kebutuhan manusia

  1. Menjaga kesegaran tubuh

Mengkonsumsi air putih secara cukup akan mengurangi panas berlebih pada tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan akan membuat badan lemas. Air mengandung mineral yang baik untuk kesehatan akan menghindarkan sakit kepala, dehidrasi, dan melancarkan sistem pencernaan.

  1. Membersihkan badan

Selain untuk dikonsumsi, air bersih dibutuhkan untuk membersihkan badan dari kotoran. Ada yang beranggapan kalau mandi dengan air sungai saja itu sudah cukup, namun belum tahu apakah air tersebut bersih atau tidak. Jadi pastikan kamu memiliki sumber air yang bersih agar lebih aman digunakan untuk bersih diri.

Lebih baik lagi kalau gunakan filter air sumur bor agar sumber air di rumah kamu tetap jernih dan bersih. Pastikan kamu memilih filter air yang berkualitas agar hasil penyaringannya lebih maksimal. filter air ini bisa digunakan untuk atas berbagai masalah air seperti air menguning, air berbau, keruh, berlumut dan lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung kebutuhan air bersih untuk tubuh. Pastikan sumber air di rumah kamu bersih dan jernih dengan memanfaatkan filter air yang berkualitas. semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah pengetahuan mengenai kebutuhan air untuk tubuh.