Mengenal masjid Sunan Ampel, Sebuah Masjid Tertua Di Jawa Timur

  • oleh

Jawa Timur merupakan wilayah yang kental akan nuansa islaminya. Hal ini dibuktikan dari banyaknya pondok pesantren yang terkenal dengan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hal ini pula yang mengakibatkan banyaknya bangunan masjid yang memiliki sejarah tersendiri. Salah satu masjid yang terkenal di Jawa Timur ialah masjid Sunan Ampel.

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Jawa. Masjid yang berlokasi di Kota Surabaya ini dibangun pada abad ke 15 M. Selain memiliki sejarah tersendiri masjid yang didirikan Sunan Ampel ini juga memiliki gaya arsiekur yang khas. Secara umum masjid Sunan Ampelini memadukan gaya arsitektur tiga kebudaayan, yakni Jawa Kuni, Hindu-Buddha, dan Islam.

Masjid yang telah berdiri hampir 600 tahun ini didirikan oleh Sunan Ampel dengan dibantu oleh sahabat-sahabtnya. Mereka adalah Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji. Masjid yang berlokasi di Desa Ampel, Kecamaan Semampir ini memiliki luas 120 x 180 meter. Masjid ini sendiri dibangun di kawasan yang mayorias pendudukna bertenis Arab.

Bahan dasar dari bangunan masjid ini sendiri menggunakan kayu jati. Kayu yang digunakan tersebut dipercaya mempunyai karomah. Bahkan, menurut cerita yang beredar, masjid ini tidak mengalami kerusakan kendati berada di lokasi peperangan. Keunikan lain dari masjid ini yaitu hadirnya menara di sebelah selatan yang mana menembus atap serta dasarnya yang terletak di bagian dalam.

Sampai sekarang masjid tempat Sunan Ampel dimakamkan ini masih dirawat kebersihannya dengan sangat baik. Bahkan, sampai saat ini masjid ini masih dijadikan sebagai tujuan wisata religi saat sedang berlibur di Surabaya.