Lompat ke konten

Mengenal Beberapa Jenis Rumput Liar Yang Menyehatkan

  • oleh

Rumput liar merupakan jenis rumput yang sering dianggap sebagai gulma. Sehingga terkadang kehadirannya hanya dianggap menggangu dan dibuang. Padahal kenyataannya tidak semua rumput liar mengganggu. Justru terdapat beberapa jenis rumput liar yang memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan manusia.

Lantas apa saja jenis rumput liar yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan? Berikut ini beberapa jenis dari rumput liar tersebut:

  • Patikan kebo

Tanaman yang memiliki nama lain euphorbia ini dapat Anda temukan di berbagai  tempat. Nah, manfaat dari euphorbia ini yaitu dapat membantu mengatasi permasalahan dalam sistem pernafasan. Hal ini dikarenakan, rumput liar ini memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Mulai dari natrium, kalsium, fenolik, beta-karoten, hingga beberapa vitamin.

  • Meniran

Terdapat berbagai zat yang baik untuk tubuh di dalam meniran ini. Bahkan meniran hijau dan merah ini kerap dimanfaatkan untuk ramuan kesehatan. Mulai dari melancarkan saluran kemih, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan demam, mengobati maag, malaria, epilepsy, hingga menyembukan luka bakar.

  • Ajeran

Setiap bagian yang ada pada tanaan ini dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Mulai dari bagian batang, akar, hingga daun ajeran yang direbus dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti meringankan gatal-gatal dan memar, meredakan demam, rematik, radang selaput otak, sakit gigi, wasir, radang usus buntu, dan penyakit lainnya.

Jangan asal buang rumput liar. Kenali terlebih dahulu jenis rumput liar yang ada di sekitar Anda. Sebab, bisa jadi rumput liar tersebut merupakan jenis rumput liar diatas yang memiliki banyak manfaat.