Beberapa Macam Manfaat Empeng dan Bahaya Empeng Pada Bayi

  • oleh

Empeng adalah salah satu contoh teknologi terbaik yang diciptakan oleh manusia untuk kesejahteraan anak. Ini adalah sebuah teknologi yang bahkan bisa membuat bayi terhindar dari kematian mendadak karena berbagai macam masalah seperti hambatan pernapasan dan berbagai macam masalah lainnya. Hal ini sudah diteliti cukup lama dan empeng sudah dikembangkan sejak 6 abad yang lalu. Ini adalah salah satu teknologi yang tidak banyak mengalami perubahan tapi perubahan yang paling jelas dan signifikan adalah pada bagian perisai dari empeng.

 

Manfaat Dari Penggunaan Empeng

Empeng terdiri dari 3 bagian. Ada bagian dot yang dihisap oleh bayi, bagian perisai untuk menahan empeng agar tidak tertelan oleh bayi dan bagian pegangan. Empeng juga memiliki keuntungan lain seperti kemampuan untuk mempersingkat perawatan bayi prematur. Empeng juga membantu bayi prematur untuk belajar menyusu dan meningkatkan metabolisme mereka sehingga mereka menginginkan lebih banyak susu. Empeng bisa membantu bayi untuk tidur dan memberikan mereka ketenangan. Semua keuntungan ini merupakan hal-hal yang tidak hanya memberikan kenyamanan pada bayi tapi juga memberikan kenyamanan pada ibu yang melahirkan bayi. Efektifitas empeng dalam membantu bayi dan orang tua untuk mendapatkan fasilitas ini hanya bisa didapatkan jika empeng sudah digunakan sejak 3 minggu atau 1 bulan setelah kelahiran.

Empeng tidak dapat digunakan lebih dini karena empeng bisa membuat bayi menjadi kebingungan mengenai cara untuk menyusui pada ibunya. Menunda penggunaan empeng sama ibu dan bayi mengetahui cara termudah untuk pelekatan akan membuat masalah ini segera hilang dan kemampuan bayi untuk menyusu akan mengalami peningkatan pesat karena keinginan bayi untuk menyusui menjadi lebih besar dan bayi akan terlatih untuk menyedot payudara apalagi menyedot susu dari botol susu terbaik. Selain itu empeng juga membuka peluang bagi bayi untuk menjadi ketergantungan pada empeng untuk membuatnya tenang. Ketenangan ini juga membuat orang tua menjadi nyaman jadi orang tua cenderung untuk memberikan empeng pada bayi setiap kali menangis.

 

Kebiasaan ini membuat sulit bagi bayi untuk berpisah dari empeng ketika mencapai waktu 6 bulan dimana bayi dan empeng harus dipisahkan untuk menjaga pertumbuhan gigi bayi. Pertumbuhan gigi bayi bisa rusak karena menggunakan empeng lebih dari 6 bulan dan kerusakan ini bisa menjadi parah dan permanen jika tidak segera ditangani. Walaupun demikian saat ini teknologi perawatan gigi sudah sangat maju sehingga ada cara untuk menjaga gigi agar tetap tumbuh dengan baik walaupun empeng digunakan berlebihan.

Cara Terbaik Untuk Menggunakan Empeng

Untuk memanfaatkan empeng dalam kondisi yang paling aman seorang ibu atau orang tua harus memastikan empeng selalu dibersihkan setiap hari. Cari empeng yang bagian-baiknya bisa dilepas sehingga bisa direndam menggunakan air panas. Hal ini penting untuk dilakukan karena empeng bisa meningkatkan risiko infeksi rongga mulut pada bayi jika bayi menggunakannya dalam keadaan kotor. Selain dari infeksi rongga mulut empeng juga mengakibatkan infeksi pada rongga telinga. Empeng bisa digunakan dengan cara yang benar sehingga sebagian besar masalah pada empeng dapat dihindari dengan baik dan orang tua yang mengalami depresi setelah melahirkan dapat mengatasi tingkat stress mereka dengan mudah karena bayi dengan empeng cenderung lebih tenang sehingga memberikan juga kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan ketenangan. Bantuan besar dari empeng perlu digunakan dengan cara yang baik dan benar untuk menghindari berbagai masalah. Cara menggunakan empeng ini bisa dipelajari dengan mudah jika orang tua meluangkan waktu untuk memahami aturan pemakaian empeng.

Tag: