Manfaat Daun Pohpohan untuk Bahan Obat

  • oleh

Tanaman pohpohan di Indonesia mungkin lebih dikenal sebagai lalapan. Akan tetapi, ada banyak manfaat saat Anda mengkonsumsi daun tersebut. Terlebih, daun tersebut mengandung berbagai senyawa yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Contohnya seperti steroid, alkaloid, hingga flavonoid. Di bawah ini manfaat selengkapnya:

  • Obat sakit perut

Daun pohpohan dipercaya mempunyai manfaat untuk mengatasi sakit perut seseorang. Daun ini sendiri memang mempunyai efek antimikroba. Adanya efek tersebutlah yang dapat membantu mengontrol pertumbuhan mikroorganisme di dalam tubuh yang tidak diinginkan. Mulai dari virus, jamur, ataupun bakteri penyebab penyakit.

  • Menangkal radikal bebas dalam tubuh

Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang dilakukan. Daun pohpohan mempunyai kandungan flavonoid yang dapat bermanfaat untuk memberikan sifat antitumor bahkan antikanker. Hal ini tidak lain karena kandungan tersebut sangat efektif untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Tanaman ini juga dapat Anda manfaatkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini tidak lain karena adanya kandungan imunomodulator yang dapat mengatur aktivitas serta fungsi imun di dalam tubuh. Dengan begitu, imun tersebut dapat diperbaiki, ditingkatkan, dan dimaksimalkan untuk menjaga tubuh dari penyakit.

Itulah manfaat yang dapat diperoleh dari daun pohpohon. Tentu adanya berbagai manfaat tersebut membuat Anda tidak ragu lagi untuk mengkosumsinya. Dengan begitu, tubuh pun akan lebih mudah terjaga kesehatannya.