Lengkap! Kenali Asal Usul Kota Pontianak Sebagai Berikut

  • oleh

Sebagaimana wilayah lainnya, Kota Pontianak juga memiliki sejarah panjang proses pembentukannya. Kota ini pasti diawali dengan usaha para pendahulu hingga tercipta suatu wilayah di Pulau Kalimantan yang terkenal dengan hutan lebatnya. Bagaimana ceritanya? Cek ulasan berikut.

Babat Wilayah Pontianak

Penggunaan perahu/kapal untuk melewati laut dan sungai merupakan bentuk moda transportasi yang berkembang pertama kali. Tak ayal jika lokasi Kota Pontianak berada tak jauh dari sungai-sungai yang mengelilinya. Dilansir dari Pontianakkota.go.id, kota ini bermula dari perjalanan rombongan Syarif Abdurrahman Alkadrie dan membuka hutan di persimpangan 3 sungai.

Lokasi tersebut terlihat sangat strategis sehingga dijadikan sebagai tempat tinggal yang diberi nama Pontianak dengan mendirikan rumah disana. Meski demikian, nama Pontianak ternyata diambil dari bahasa melayu karena Syarif Abdurrahman sering diganggu hantu kuntilanak.

Perkembangan Kota Pontianak

Asal usul Kota Pontianak bermula sejak pemerintahan pertama dimulai dengan mengangkat Syarif Abdurrahman Alkadrie sebagai sultan pertama (1192 Hijriyah). Hal ini bahkan dapat anda ketahui dari keberadaan Istana Kadariah dan Masjid Raya Sultan Abdurrahman Alkadrie yang masih ada hingga saat ini.

Selanjutnya, Sultan Abdurrahman memerintahkan secara penuh wilayah pemerintahannya hingga dapat berkembangkan menjadi pusat kota perdagangan dan pelabuhan. Hal ini tentu disambut bahagia masyarakat setempat hingga masa pemerintahan di wilayah ini terus berlanjut dengan baik.

Itulah beberapa ulasan lengkap tentang sejarah muasal Kota Pontianak mulai dari babat hutan yang dilakukan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie hingga kejayaannya. Penamaan yang terjadi di wilayah ini seringkali dikaitkan dengan sebab akibat yang terjadi hingga melakukan strategi terbaik untuk membangun sebuah kota.