Keindahan Gunung Kemukus Dibalik Cerita Mistisnya

  • oleh

Gunung dengan segala keindahan alam selalu menyampan cerita tersendiri di belakangnya. Cerita dongeng atau cerita rakyat hingga cerita mistis tak pernah jauh dari Gunung. Salah satunya adalah Gunung Kemukus. Gunung yang sering dikaitkan dengan cerita spiritual dan juga terkenal dengan ritualnya ini ternyata memiliki mitosnya sendiri.

Ritual Ngalab Berkah

Tak banyak yang tahu bahwa gunung ini juga menyimpan keindahan yang tak kalah dari gunung lainnya. Gunung satu ini dikelilingi oleh waduk Kedung Ombo yang menjadikan pemandangan dari atas bukit lebih menarik dengan hamparan air yang luas dikelilingi hutan yang hijau dan sejuk.

Gunung yang terletak di Kabupaten Srgaen Jawa Tengah ini memang masih menyisakan banyak cerita mitos dan misteri. Gunung ini tak pernah sepi pengunjung. Banyak orang yang percaya bahwa melakukan ritual di gunung ini akan mendatangkan peruntungan tersendiri dan akan berhasil dalam setiap usaha yang dilakukannya.

Ritual yang dikenal dengan nama Ngalab ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan di Gunung Kemukus. Cerita mitos gunung ini berawal dari kepercayaan warga sekitar bahwa gunung ini merupakan pemakaman dari tokoh terkenal yaitu Pangeran Samudro dan Nyai Ontrowulan. Sehingga menjadikan gunung ini menjadi lokasi keramat.

Walaupun mitos ini sudah banyak beredar di masyarakat, tetapi kepercayaan tetap dikembalikan kepada individu masing masing. Walaupun begitu, hal yang paling utama adalah melestarikan alamnya. Gunung yang masih menjadi lingkungan alami bagi berbagai macam hewan dan tumbuhan harus tetap kita lestarikan dan jaga kebersihannya.