Karya Seni Patung

  • oleh

Seni patung merupakan salah satu karya seni rupa tiga dimensi yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi (volume) serta dapat dinikmati dari segala arah. Pada umumnya, patung diciptakan untuk memenuhi kebutuhan batin atau dinikmati keindahannya saja. Karya seni patung ini dapat diamati dengan cara mengelilingi dari berbagai sudut, sehingga seni patung harus menampilkan pesona atau mempunyai makna dari semua sisi nya.

Proses penciptaan sebuah karya seni patung, tentu ada suatu proses tertentu yang mendukung, sehingga akan tercipta suatu karya seni. Adanya suatu karya seni tentu tidak muncul begitu saja, melainkan melalui suatu olahan seni dari seorang seniman yang dimana seniman akan mewujudkan dari ekspresi dan kreasi. Karya seni patung dapat berbentuk binatang, manusia, benda, tumbuhan, sebuah garis, dll.

Secara umum seni patung memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi patung religi, patung dekorasi, patung monumental, patung seni, patung arsitektur, patung kerajinan. Dan dari segi perwujudannya seni patung modern dapat dibedakan menjadi tiga yaitu corak imitative (realis/representatif) ini merupakan tiruan dari bentuk alam (manusia, binatang dan tumbuhan), sedangkan corak deformatif merupakan corak yang sudah diubah dari bentuk alam dengan gagasan imajinasi dari sang pematung. Dan yang terakhir yaitu corak nonfiguratif (abstrak) merupakan corak yang tidak memiliki konsep atau pengertian tertentu.