Jalur Pendakian Gunung Penanggungan

  • oleh

Buat kamu yang sedang berada di kawasan Mojokerto, muncak ke Penanggungan adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Sebagai salah satu spot matahari terbit terbaik, memang wajib sih untuk dikunjungi. Lantas, seperti apa jalur pendakiannya?

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan

Jplotundo Trawas

Jalur pendakian paling popular untuk menyusuri gunung Penanggungan ialah Jolotundo Trawas. Kondisi jalurnya terkenal panjang namun jauh lebih landai. Banyak orang memilih jalur ini sebab kondisi jalanannya juga tebrilang mudah. Di samping itu, sepanjang jalan banyak sarana.

Tamiajeng Trawas

Jalur pendakian nomor 2 memiliki jalur pendakian yang singkat, namun terjal. Di samping itu, jalur pendakian ini termasuk dalam rute yang favorit, lho! Sebab bukan hanya bisa mendaki ke Penanggungan saja, kamu bisa menikmati indahnya kota malam dari bukit bayangan.

Kedungungi dan Betro

Jalur kedungungi sebenarnya masih satu jalur dengan jalur Jolotundo Trawas, namun kamu hanya berbeda titik mulainya saja. Sedangkan untuk jalur Betro juga kamu akan menemukan banyak situs bersejarah di dalamnya, seperti jalur Jolotundo Trawas yang banyak candinya.

Ngoro

Jalur ngoro adalah jalur yang terbilang paling berat. Jalurnya ada beberapa bagian yang memiliki kemiringan 80 derajat meski diawali oleh jalan setapak. Di samping itu, orang-orang juga begitu sedikit yang memilih jalur ini. Mereka lebih memilih jalur lain yang mudah dilalui.