Ini Dia, Perbedaan Bentuk Kebaya Sunda Jaman Dulu dan Sekarang

  • oleh

Kebaya merupakan salah satu pakaian adat Jawa yang ada di Indonesia. Suku Sunda di Jawa Barat juga memiliki kebaya atau pakaian adat untuk kaum wanita. Pakaian adat suku Sunda ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan kebaya-kebaya lain di Jawa. Yuk simak berikut beberapa perbedaan bentuk kebaya Sunda jaman dulu dan sekarang.

Kebaya Suku Sunda Jaman Dulu

Pada masyarakat Sunda jaman dahulu, pakaian ini umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain digunakan dalam aktivitas sehari-hari, pakaian ini juga sering digunakan dalam acara-acara formal atau dalam pesta perayaan tertentu. Dahulu, pakaian ini juga menjadi penanda kasta sosial seseorang

Bentuk baju adat Sunda untuk kaum wanita ini juga memiliki variasi model dan corak klasik yang menjadi ciri khas suku Sunda. Corak yang dipakai memiliki motif yang sederhana seperti stilasi bunga (flora). Ciri khas dari baju suku Sunda yaitu bentuk kera bajunya yang terbuka dan memiliki lengan tangan yang bagian ujungnya sedikit melebar.

Kebaya Suku Sunda Jaman Sekarang

Perkembangan baju adat kaum wanita suku Sunda ini sudah mulai mengalami perubahan bentuk dan perkembangan desain yang semakin variatif seperti, panjang baju bagian belakang atau ekor yang memiliki bentuk lebih panjang dan bentuk lengan yang makin ramping.

Meski memiliki pengembangan bentuk dan desain, namun baju adat ini juga masih memiliki kaidah struktur yang menjadi ciri khas suku Sunda seperti masih menggunakan bentuk kera baju yang melebar. Hanya saja corak dan warnanya makin bervariatif dan menggunakan hiasan payet atau renda yang berwarna-warni.

Itu tadi sekilas informasi mengenai perbedaan pakaian adat suku Sunda yang mengalami perkembangan bentuk dan desain sampai sekarang. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam mengetahui keragaman budaya di Indonesia khususnya pakaian adat suku Sunda.