Lompat ke konten

Ide Desain Rumah 4 Kamar Minimalis Modern

  • oleh

Ide desain rumah 4 kamar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki keluarga besar. Karena jumlah anggota keluarga yang banyak, maka dalam mendesain rumah harus memiliki banyak ruangan terutama, memiliki banyak kamar.

Tetapi untuk membangun rumah dengan 4 kamar tidaklah murah, karena harga tanah yang semakin tahun semakin mahal. Tapi, jika kamu memiliki lahan yang terbatas dan tetap ingin membangun rumah dengan 4 kamar tidur tetap bisa. Asalkan kamu dapat membuat desain rumah 4 kamar yang tepat, terutama saat menyusun denah rumahnya.

Berikut ini ada beberapa ide desain rumah 4 kamar minimalis modern yang bisa kamu pertimbangkan untuk diterapkan pada rumah yang ingin kamu bangun.

1. Desain Rumah 4 Kamar Memanjang

Untuk kamu yang memiliki tanah yang memanjang, kamu bisa membuat rumah dengan 4 kamar tidur dengan lebih mudah. Kamu bisa meletakan dua kamar saling berhadapan yang dipisahkan dengan kamar mandi. Sehingga posisi kamar tidur nantinya akan saling bersebelahan.

Tetapi posisi ini juga bisa disesuaikan lagi tergantung dengan kebutuhan kamu saat mendesain rumah. Kamu bisa meletakan posisi dapur di bagian belakang, untuk ruang tamu menjadi satu dengan ruang keluarga dibuat tanpa ada sekat ataupun partisi. Kamu juga dapat memiliki halaman depan rumah dan garasi untuk tempat parkir kendaraan dan taman depan rumah juga dibuat agar rumah tampak lebih asri dan nyaman.

2. Desain Rumah 4 Kamar di Lahan Sempit

Untuk kamu yang memiliki lahan yang sempit dan terbatas, kamu harus bisa menghemat setiap ruangan yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan konsep kamar yang berderat seperti sebuah kamar kost, sehingga dengan cara ini walaupun lahan terbatas, kamu tetap bisa memiliki rumah dengan 4 kamar.

Untuk ukuran kamar juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, asalkan tanah yang kamu miliki bisa untuk dibagun membangun rumah dengan 4 kamar tidur.  Ruang tamu ditempatkan di bagian paling depan, setelah itu kamar mandi bisa ditempatkan bersebelahan dengan ruang tamu dan dapur yang menghubungkan ruangan ini menjadi satu. Sehingga kamu benar-benar akan menghemat lahan yang terbatas.

3. Membangun Rumah 4 Kamar Yang Memiliki Lorong

Jika kamu memiliki luas tanah yang cukup lebar, kamu bisa menerapkan konsep desain dengan menempatkan 2 kamar tidur yang bersebelahan, setelah itu diseberangnya kamu juga membuat 2 kamar tidur lainnya. Sehingga bagian depan pintu setiap kamar ini akan membentuk sebuah lorong layaknya lorong hotel atau rumah sakit.

Untuk kamar mandi juga untuk menghemat lahan bisa ditempatkan dibagian tengah antara kamar satu dengan kamar lainnya. Sehingga dengan cara ini juga berfungsi agar tembok kamar satu dengan kamar lainnya tidak langsung bersebelahan. Pada bagian depan lorong bisa dibuat sebagai ruang keluarga, dapur dan ruang makan tanpa partisi.

4. Desain Rumah 4 Kamar 1 Mushola

Untuk kamu yang ingin membangun rumah yang memiliki satu ruangan khusus yang dibangun untuk dijadikan mushola bisa saja. Kamu bisa membuat 3 kamar tidur yang saling berhadapan. Ada 1 kamar yang dipisahkan dengan sebuah mushola.

Lalu bagian kamar mandi dan tempat wuduhu bisa dibuat saling berhadapan dengan mushola, sehingga akan mempermudah kamu untuk mengambil wudhu saat akan sholat. Sehingga tempat wudhu tidak jauh dari mushola yang ada di dalam rumah. Di bagian lainnya kamu bisa membangun dapur di halaman belakang dan ruang tamu di halaman depan.

Jika desain rumah 4 kamar ingin memiliki garasi, kamu bisa pertimbangkan menggunakan pintu harmonika pada garasinya. Untuk memilih dan memesan pintu jenis ini bisa langsung cek website pintu harmonika surabaya.