Jika Kehilangan Akses, Berikut Cara Pulihkan Akun Gmail Yang Mudah

  • oleh

Beberapa orang mungkin akan memanfaatkan Gmail sebagai salah satu cara untuk mengirimkan pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Tak jarang, mereka kehilangan akses pada akun miliknya karena beberapa penyebab. Ini bisa diretas, kelupaan kata sandi, atau bahkan penyebab lainnya. Agar bisa diakses, berikut sederet cara pulihkan akun Gmail yang bisa anda terapkan.

Tips dan Trik Untuk Memulihkan Gmail yang Anda Miliki

  1. Mencatat Password Lama Yang Sudah Perna Diganti

Salah satu cara yang cukup aman bagi pengguna untuk menggunakan akunnya yaitu dengan layanan verifikasi otomatis. Google akan menyediakan fitur memverifikasi identitas dengan meminta Anda mengetikkan kata sandi sebelumnya. Agar keamanan yang bisa dikatakan cukup baik, maka anda bisa mengubah sandi Anda secara teratur dengan tepat.

Tak hanya itu saja, anda bisa langsung menyimpan catatan tersebut agar berada di tempat aman. Jika Anda tidak mengelola kata sandi dengan benar, maka harus menyimpan daftar kata sandi lama dalam file terenkripsi sebagai salah satu langkah yang paling efektif. Hal inilah yang membuat anda bisa memulihkan akun yang anda miliki.

  1. Backup Akun yang Dimiliki Dengan Teratur

Google juga menyediakan sarana bagi anda yang ingin mengunduh data dengan istilah yang dikenal Takeout. Pengguna bisa mengunduh semua data dari semua aplikasi Google atau bahkan beberapa di antaranya dengan mudah. Untuk [pengunduhan tersebut ada beberapa kriteria yang harus diketahui.

Misalnya saja Gmail, format unduhan bervariasi tergantung dari berbagai jenis data yang lebih ingin diinginkan. Dalam hal ini, maka Email anda akan diunduh dalam format yang sudah ditentukan yaitu MBOX. Setelah itu, ini dapat diunggah dengan mudah menggunakan akun Gmail atau ke sebagian besar layanan lainnya.

  1. Memeriksa Berbagai Info Pemulihan Yang Tersedia

Anda bisa memulihkan akun Gmail dengan cara memberikan info pemulihan kepada Google. Cara ini bisa anda lakukan sebanyak yang anda mau sampai merasa jika akun sudah aman. Beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengatur setting dimulai membuka halaman akun Google dan pilih opsi Keamanan pada kolom sebelah kiri.

Selanjutnya, anda harus scroll ke bawah untuk mencari pengaturan Cara Kami Dapat Memverifikasi Bahwa Ini Memang Anda. Selanjutnya, anda akan melihat apakah nomor telepon pemulihan atau email pemulihan sudah bisa didaftarkan. Apabila anda tidak memiliki salah satu yang harus diisi, maka coba memilih salah satunya dengan benar.

Jika Anda ingin lebih berhati-hati, maka anda bisa menambahkan informasi yang diinginkan kepada Google. Selanjutnya, anda bisa siapkan akun email pemulihan berupa akun Gmail lain dengan mudah. Caranya, anda dapat membuka bagian Cara Kami Dapat Memverifikasi Bahwa Ini Memang Anda dan pilih email pemulihan.

Setelah itu, lanjutkan dengan mengetikkan alamat email pemulihan yang anda pilih untuk melanjutkan verifikasi.  Di sini Google akan mengirimkan kode verifikasi sebanyak enam digit ke alamat email yang ingin anda masukkan. Jangan lupa buka email Anda, lalu salin kodenya dan kembali ke halaman pemulihan untuk menginput kode tersebut.

Cara pulihkan akun Gmail ini tak berhenti sampai di situ saja, sebab anda harus menyiapkan nomor telepon pemulihan dengan membuka kotak verifikasi. Setelah itu lanjutkan dengan memilih Email pemulihan dan masukkan nomor telepon di kotak pop-up. Beberapa saat kemudian, Google akan mengirimkan kode verifikasi pemulihan ke kontak anda.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui untuk memulihkan akun Gmail yang dimiliki. Tanpa harus berpikir panjang, anda bisa memulihkannya dengan menggunakan email alternatif maupun nomor telepon yang sudah didaftarkan sebelumnya. Info lebih detail mengenai pemulihan akun, bisa anda dapatkan di laman web https://kangsandi.id.