Cara Menghitung Persen Di Excel Paling Mudah Dipraktikkan Pemula

  • oleh

Penting untuk diketahui jika sebenarnya ada beberapa cara menghitung persen di Excel yang bisa dipilih. Namun satu hal yang harus digaris bawahi adalah cara menghitung persen pada Excel ini relatif mudah diterapkan. Bahkan untuk para pemula sekalipun.

Pengetahuan tentang cara menghitung persen seperti ini pastinya akan sangat bermanfaat. Terlebih lagi untuk Anda yang aktivitas utamanya sering berhadapan dengan pengolahan data angka.

Harus diakui jika salah satu software pengolahan data berupa angka yang cukup populer adalah Microsoft Excel ini. Dengan beberapa rumus tertentu Anda bisa lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikan berbagai perhitungan angka.

Cara Menampilkan Format Persen di Excel

Sebelum mengulas lebih jauh bagaimana cara menghitung persen di Excel, sudah tahukah Anda bagaimana cara menampilkan format persen di Excel? Hal paling mendasar yang tentunya juga harus diketahui.

Nah, untuk caranya sendiri, paling tidak ada tiga opsi yang bisa dipilih. Ketiga cara tersebut diantaranya adalah:

  1. Cara yang pertama adalah dengan mengetikkan langsung lambang persen (%) di cell Excel setelah Anda mengetikkan angka.
  2. Cara yang kedua adalah dengan memformat cell Excel dengan cara mengubah style format persen (%). Langkahnya adalah Tab Home > Number > Percent (%). Selain itu Anda pun bisa memilih cara yang lebih simpel lagi. Caranya adalah Ctrl + Shift + %.
  3. Cara yang ketiga adalah dengan memilih format percentage yang ada di kotak dialog Format Cells.

Berbicara tentang cara menampilkan format persen di Excel, ada beberapa catatan penting yang harus Anda ingat betul. Catatan yang dimaksud di sini meliputi:

  1. Catatan pertama adalah jika angka ditulis setelah cell Anda format ke dalam persentase, angka tersebut secara otomatis akan langsung berubah menjadi bilangan persentase.
  2. Catatan kedua adalah jika angka yang dimasukkan ke dalam cell terlebih dahulu tanpa lambang persen, kemudian cell Anda format ke dalam style persen, Excel secara otomatis akan mengalikan angka tersebut dengan bilangan 100 terlebih dahulu.

Tutorial Menghitung Persen di Excel

Untuk Anda yang masih kebingungan bagaimana cara menghitung persen di Excel, Anda tidak perlu khawatir. Sebab pada kesempatan kali ini neotekno.com akan memberikan tutorial singkatnya.

  1. Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian Persentase

Seumpama Anda ingin menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian antara kolom B dan C, maka gunakan rumus berikut ini:

  • Untuk rumus penjumlahan ketik pada Cell D2 =B2+C2.
  • Untuk rumus pengurangan ketik pada Cell D3 =B3-C3.
  • Untuk rumus perkalian ketik pada Cell D4 ­=B4*C
  • Untuk rumus pembagian ketika pada Cell D5 B5/C5.

Penting untuk diingat, secara default Excel tidak akan langsung mengubah hasil menjadi Format Persen. Nah, untuk mengubahnya ke persentase langsung saja pilih (blok) Cell D2, D3, D4, D5 lalu klik Tab Home > Icon Percent Style.

  1. Menghitung Nilai Diskon

Untuk menghitung nilai diskon, beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  • Ketik = pada Cell C2
  • Klik harga awal (Cell A2). Setelah itu ketik simbol * (asterik) untuk perkalian.
  • Klik persentase diskon (Cell B2). Setelah itu akhiri dengan menekan Enter.

Itulah beberapa contoh bagaimana cara menghitung persen pada Excel. Sebenarnya masih ada beberapa rumus lagi yang belum bisa diulas di sini. Sebab pada dasarnya cara menghitung persen di Excel ini bisa digunakan untuk banyak tindakan.