Cara Memindahkan File dari iPhone Ke Laptop Windows

  • oleh

Ada beberapa pilihan yang bisa kita gunakan untuk memindahkan file dari iPhone ke laptop windows. Masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang tergantung dengan tujuannya.

Selain itu besaran file juga bisa jadi pertimbangan dalam memilih cara mana yang cocok dan praktis untuk digunakan.

1. Dengan Menggunakan Aplikasi iTunes via File Explorer

Apabila kita menghubungkan iPhone ke windows dengan menggunakan kabel data langsung maka penyimpanan pada HP ini tidak akan terbaca. Sehingga kita juga harus menggunakan aplikasi iTunes terlebih dahulu.

Perlu kita tahu bahwa aplikasi iTunes ini ada di Windows Store serta situs resmi Apple apabila pemasangan iTunes sudah selesai maka kita bisa menjalankan aplikasinya sebelum iPhone tersebut disambungkan. Kita tunggu hingga perangkat secara otomatis terdeteksi serta muncul sebagai portable device pada file explorer.

Kemudian berikutnya kita tinggal buka folder tempat dimana file yang akan dipindahkan. Kita juga bisa memilih beberapa file sekaligus, caranya yaitu klik kanan lalu pilih Copy/Cut kemudian pilih Paste pada Penyimpanan Laptop.

2. Dengan Menggunakan Aplikasi Photos/Foto (WIndows 10)

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi Photos/Foto. Prosedur yang digunakan lebih singkat, namun sayangnya hanya berlaku pada file foto dan video saja.

Sebelumnya kita pastikan dulu sudah memasang aplikasi Foto versi yang terbaru dari windows store (khusus windows 10).

Kita hubungkkan iPhone ke laptop dulu dengan menggunakan kabel data, setelah itu baru jalankan aplikasi Foto.

Lalu klik import pada sebelah kanan atas jendela aplikasi. Setelah itu klik opsi impor dengan melalui USB. Kemudian pilih File yang akan dipindahkan dari HP, selanjutnya konfirmasi proses transfer.

Untuk aplikasi foto ini juga memungkinkan untuk proses transfer wireless. Caranya yaitu dengan mengaktifkan opsi preview yang ada di pengaturan aplikasi.

3. Aplikasi Transfer Wifi

Untuk transfer file melalui direct wifi ini hanya membutuhkan koneksi lokal tanpa internet. Sehingga agar kuota yang kita miliki tidak tersedot maka kita bisa mematikan paket data selama melakukan transfer foto atau file.

Cara ini merupakan cara yang paling praktis untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop tanpa kabel data. Namun syaratnya kedua perangkat tersebut harus menggunakan aplikasi yang sama serta ada di dalam satu jaringan Wifi.

Adapun beberapa aplikasi pemindahan direct Wifi yang bisa dipakai diantaranya yaitu : Photos/foto, SHAREit, Xender, serta aplikasi Cloud Storage.

Untuk cara memindahkan file dari iPhone ke laptop windows dengan menggunakan cloud maka akan membutuhkan internet. Sehingga jika ingin memindahkan file yang berukuran besar maka persiapkan internet yang kencang dan unlimited.

Kita juga bisa memilih penyimpanan cloud yang tersedia pada lintas platform misalnya Google Drive, google Photos, iCloud dan lain-lain.

File yang kita simpan di iCloud ini bisa diakses dari perangkat mana saja asalkan kita login dengan menggunakan akun yang sama.

4. Menggunakan Flashdisk OTG Lightning

Bagi yang menggunakan iPhone seri terbaru mungkin ini cara yang paling populer. Agar kita bisa memindahkan file foto yang berasal dari iPhone ke laptop maka bisa gunakan flashdisk OTG lightning.

Dengan adanya dukungan USB 3.0 ini pemindahan file ke laptop akan berlangsung dengan cepat. Bukan hanya digunakan untuk transfer file dan foto, namun juga untuk pencadangan data yang penting.

Kelebihannya saat menggunakan flashdisk OTG lightning ini yaitu memiliki fitur backup otomatis untuk file maupun video sehingg kita tidak perlu memindahkan satu persatu dengan cara manual.

Sekian cara memindahkan file dari iPhone ke laptop windows dengan mudah dan untuk tips trik iPhone lain silahkan cek di bidangtekno.com.