Cara Membuat Visa untuk Kuliah di Luar Negeri

  • oleh

Visa menjadi syarat wajib untuk berkunjung ke sebuah negara termasuk untuk menimba ilmu di luar negeri. Visa juga dibuat berdasarkan kebutuhan dari kunjungan ke luar negeri, seperti untuk liburan, berbisnis hingga untuk melanjutkan studi.

Untuk Anda yang keluar negeri untuk tujuan kuliah, maka visa yang dibutuhkan adalah visa pelajar sebagai bekal persiapan kuliah luar negeri. Visa pelajar ini diatur secara khusus oleh masing-masing negara baik negara asal maupun negara tujuan.

Faktor seperti lamanya pendidikan hingga jenis pendidikan yang dipilih selama menimba ilmu di luar negeri menjadi beberapa dasar dalam penerbitan visa. Meski demikian, ada pula negara yang memiliki aturan khusus yang relatif lebih longgar jika jenis pendidikan yang diambil relatif singkat, negara Australia salah satunya, yang tidak mewajibkan pelajar untuk membuat visa.

Cara Buat Visa untuk Kuliah Keluar Negeri

Terdapat beberapa proses yang harus dilakukan untuk membuat visa pelajar sebagai syarat untuk kuliah di luar negeri, berikut caranya:

Melakukan Pendaftaran di Visa Center

Melakukan pendaftaran di Visa Center, menjadi langkah awal persiapan kuliah luar negeri khususnya dalam hal mempersiapkan dokumen perjalanan, dengan datang ke Kedutaan Besar negara yang menjadi tujuan pendidikan.

Untuk memudahkan, Anda juga bisa mengakses situs resmi kedubes negara tujuan, untuk melihat syarat, formulir maupun dokumen yang wajib disiapkan hingga kemudian mengajukan pendaftaran visa sekaligus melakukan wawancara dan verifikasi berkas kependudukan.

Siapkan Berkas Kependudukan Resmi

Setelah itu, siapkan berkas atau dokumen kependudukan resmi diantaranya seperti: KTP yang masih berlaku, formulir pengajuan visa, foto diri, surat keterangan terdaftar sebagai calon mahasiswa di institusi pendidikan negara tujuan, rekening tabungan serta tanda pembayaran visa.

Beberapa kedubes negara tujuan juga terkadang mewajibkan calon pengaju visa untuk melampirkan bukti pemesanan tiket hingga kepastian tempat tinggal selama berada di negara tujuan, hal ini biasanya dilakukan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar memang sudah mempersiapkan secara matang rencana studi Anda ke luar negeri.

Wawancara dan Verifikasi Dokumen

Proses selanjutnya adalah melakukan wawancara dan verifikasi dokumen kependudukan. Upayakan untuk datang lebih awal karena proses pembuatan visa juga terkadang selalu ramai oleh calon pembuat visa lainnya.

Pada proses wawancara, pertanyaan yang paling umum diajukan adalah alasan dan tujuan memilih negara itu sebagai tempat untuk melanjutkan kuliah. Meski terkesan sepele, umumnya pihak kedutaan besar amat selektif dalam menerbitkan visa.

Jelaskan secara detail tujuan Anda melanjutkan studi di negara tersebut, termasuk memberikan pemahaman seputar alasan mengapa Anda lebih memilih negara tersebut sebagai tempat untuk melanjutkan kuliah.

Pengambilan Visa

Proses pembuatan visa membutuhkan waktu yang tidak sebentar, oleh karenanya upayakan membuat visa lebih awal dari rencana keberangkatan, misalnya tiga bulan sebelum keberangkatan, karena proses penerbitan visa bahkan bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu dan baru bisa diambil setelah mendapat pemberitahuan khusus oleh pihak kedutaan yang dilakukan melalui email yang dilampirkan saat mengajukan pembuatan visa barulah Anda bisa mengambil visa di Visa Center dengan menunjukkan bukti konfirmasi berupa pesan email resmi yang dikirimkan kepada Anda.

Demikianlah beberapa proses cara membuat visa untuk kuliah di luar negeri. Visa dan paspor menjadi salah satu dokumen penting yang harus disiapkan lebih awal karena lamanya waktu pembuatan dokumen perjalanan dan identitas kewarganegaraan ini tidak bisa ditentukan durasi pembuatannya.

Dan, setelah semua dokumen itu jadi, simpanlah seaman mungkin karena dengan kedua identitas itu Anda bisa diizinkan tinggal dan melanjutkan studi di luar negeri, karena kebijakan tiap negara amat ketat khususnya terhadap para pendatang untuk berbagai tujuan ke negara tersebut.