Cara Membuat Swipe Up di Instagram

  • oleh

Instagram menjadi salah satu media yang paling populer untuk saat ini. Hal ini juga tak lepas dari penggunaan fitur yang dimilikinya. Salah satunya yaitu fitur swipe up yang ada di Instagram story.

Sebelum kita akan membahas mengenai cara membuat swipe up di Instagram ini, ada baiknya kita tahu dulu tips instagram tentang apa itu fitur swipe up.

Fitur Swipe Up Pada Instagram

Swipe up adalah salah satu fitur yang ada di Instagram yang memungkinkan pengguna bisa langsung menuju ke halaman website yang sudah disematkan pada akun instagram.

Dengan adanya fitur ini maka akan memudahkan kamu dalam menaikkan traffic kunjungan pada situs website ataupun platform sosial media yang kamu sematkan.

Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan fitur swipe up ini maka bisa dijadikan sebagai salah satu cara dalam mendongkrak penjualan.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Fitur Swipe Up Instagram?

Dan perlu kita tahu bahwa penggunaan fitur swipe up ini hanya bisa digunakan pada pemilik akun instagram dengan jumlah pengikut minimal 10.000 orang. Bukan hanya itu saja, akun instagram ini harus sudah terdaftar sebagai akun instagram Business.

Jadi jika kamu tidak memenuhi kedua syarat diatas maka akun instagram juga tak memiliki fitur tersebut. Dan jika kamu ingin adanya fitur swipe up ini maka penuhi dulu kedua syarat diatas.

Pentingnya Fitur Swipe Up

Saat ini banyak pebisnis yang menggunakan media sosial seperti instagram untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan fitur swipe up inilah maka akan lebih meningkatkan jumlah followers dan menarik banyak orang untuk mengunjungi akun bisnisnya.

Misalnya saat kamu sudah memiliki fitur swipe up pada instagram bisnisnya yang sudah memiliki 10.000 followers dan akan membuka akun bisnis baru. Dengan adanya fitur tersebut maka kamu bisa membagikan link website bisnis barumu pada pengikut kamu di instagram.

Dan pada akhirnya banyak yang tertarik untuk membuka swipe up tersebut lalu mengunjungi media sosial bisnis baru kamu. Dengan adanya fitur ini maka akan membantu traffic pengunjung serta pengikut dalam akun media sosial bisnis mu.

Cara membuat Swipe Up di Instagram

1. Buatlah Instagram Story

Di halaman Home pada akun kamu maka kamu bisa membuat instagram story. Caranya yaitu dengan menekan gambar kamera, lalu kamu akan masuk pada halaman kamera.

Pada langkah tersebut kamu juga bisa mengunggah foto maupun video. Caranya mudah saja, hanya menggeser layar dari bawah ke atas. Lalu akan tampil halaman gallery pada smartphone kamu.

Jika sudah maka kamu bisa memilih foto maupun video yang kamu inginkan untuk diunggah.

2. Tambahkan Link URL yang Sesuai Dengan Keinginan dan Kebutuhan

Selanjutnya pada layar akan muncul foto maupun video yang sudah kamu pilih sebelumnya. Kamu juga bisa tambahkan URL di postingan kamu dengan cara pilih icon “linked”.

Selain itu kamu juga bisa tambahkan berbagai stickers ataupun gambar-gambar yang menarik agar bisa mengajak audiens melakukan call to action.

Lalu kamu akan menuju pada halaman berikutnya atau untuk menambahkan link website ‘‘+web link”. Kamu bisa isi URL link website ataupun link dari media sosial yang akan kamu tautkan. Jika sudah maka pilih icon “checklist” yang ada di bagian ujung kanan layar.

3. Call to Action Swipe Up Berhasil Dibuat

Berikutnya akan muncul notifikasi “call to action added” lalu pada icon ‘linked” akan berubah jadi tebal.

Nah jika langkah-langkah diatas sudah kamu lakukan maka sekarang saatnya mengunggah pada instagram story milikmu.