Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Secara Permanen Atau Temporal

  • oleh

Langkah pertama untuk mematikan windows defender untuk waktu yang pendek adalah dengan memilih menu start yang ada pada bagian bawah komputer. Selanjutnya temukan menu setting yang berada di pilihan pada menu start. Pilihan ini akan membuka opsi untuk berbagai fitur di dalam sebuah laptop. Cara untuk memasuki setting ini ada dua yaitu dengan mencari menu setting atau dengan memilih logo gear yang ada pada bagian kiri menu start. Menu ini berbeda dengan menu control panel yang diakses dengan cara berbeda dan berisi berbagai pengaturan untuk windows. Ini adalah langkah pertama untuk mematikan windows defender secara permanen atau sementara.

Mematikan Windows Defender dalam Waktu Singkat

Untuk mematikan windows defender seseorang harus memilih menu update dan security pada pilihan yang didapatkan dengan memasuki halaman setting. Pada menu baru ini akan ditemukan beberapa pilihan di bagian kiri kemudian pilih virus and threat protection untuk melanjutkan proses mematikan antivirus untuk sementara waktu. Ketika menu baru sudah muncul langsung matikan perlindungan real time pada jangka waktu tertentu. Sistem ini tidak permanen. Perlindungan real time akan kembali aktif pada saat perangkat dihidupkan ulang atau ketika jangka waktu yang sudah ditentukan usai. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan akses pada berbagai macam aplikasi yang diperlukan tapi dianggap berbahaya oleh antivirus dalam windows defender.

Langkah ini juga berguna jika ingin mengembalikan sesuatu yang sudah dikarantina oleh windows defender sehingga dapat digunakan. Langkah seperti ini sangat penting untuk dipahami oleh setiap orang yang secara rutin berhubungan dengan internet atau pada saat ingin memasang sebuah game. Agar hal pemasangan aplikasi windows untuk berbagai kebutuhan tidak menjadi bermasalah atau terhambat karena batasan yang ditetapkan oleh antivirus maka windows defender harus dimatikan terlebih dahulu. Jika hal ini dilakukan laptop akan sepenuhnya terbuka dan dapat diakses dengan cara tertentu jika laptop terkoneksi dengan sebuah jaringan. Ini adalah sebuah kondisi yang sangat rentan sehingga memastikan bahwa windows defender akan dihidupkan kembali setelah menyelesaikan kegiatan tertentu sangat diperlukan.

Cara Untuk Mematikan Windows Defender Secara Permanen

Langkah untuk k mematikan antivirus secara permanen pada dasarnya sama saja dengan langkah untuk memastikannya secara sementara. Seseorang dapat melakukan langkah serupa dengan langkah untuk mematikan windows defender sementara tapi tombol yang dimatikan ditambah dengan mematikan perlindungan cloud dan mematikan automatic sample submission. Ini akan mematikan windows defender secara permainan. cara lain juga dapat dilakukan untuk mencapai fungsi ini tapi mematikan windows defender secara permanen adalah langkah yang berbahaya dan seharusnya tidak dilakukan jika memang tidak memiliki tujuan tertentu. Antivirus dapat diaktifkan kembali dengan mengembalikan pengaturan seperti semula dan menyimpan perubahan baru tersebut.

Memiliki sebuah perangkat yang tidak dilindungi dengan antivirus adalah sesuatu yang sangat berbahaya. Jika windows defender dimatikan secara permanen sebagai sebuah cara untuk mengganti perlindungan yang disediakan dengan perlindungan antivirus lain maka usaha untuk mematikan windows secara permanen ini tidak diperlukan. Antivirus baru dapat dipasang begitu saja sebagai pengganti windows. Langkah ini sangat aman dan bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja. Pada saat antivirus baru sudah aktif maka windows defender akan menjadi tidak aktif dengan sendirinya. Hal ini bisa menjadi sebuah pilihan jika seseorang tidak ingin menggunakan layanan windows defender yang sebenarnya sudah lebih baik daripada layanan yang disediakan oleh antivirus biasa.