Cara Freeze Excel Untuk Bekukan Kolom dan Baris

  • oleh

Anda pernah menemui file Excel yang ketika digeser terdapat kolom dan bari yang tetap diam? Itu adalah efek dari fitur freeze yang dimiliki oleh Excel. Fitur ini umumnya digunakan untuk mengunci data utama dari banyaknya data yang ada, sehingga tidak harus bolak-balik. Lantas, bagaimana cara freeze Excel? Yuk intip ulasan dari https://daridesignstudio.com/!

Cara Freeze Baris dan Kolom Pertama di Excel

Mengunci baris dan kolom pertama di Excel bisa anda lakukan dengan cara memastikan baris dan kolom pertama tersebut terlihat di dalam worksheet Excel. Hal penting yang perlu anda ingat di sini adalah yang disebut dengan baris atau kolom pertama bukanlah baris atau kolom yang paling awal. Akan tetapi, baris atau kolom pertama yang terlihat dan aktif di dalam worksheet.

Misalnya, worksheet anda menunjukkan baris C dan ada di paling atas, maka baris C tersebut yang dianggap sebagai baris pertama oleh Excel. Begitu juga dengan kolom, misalnya kolom D yang terlihat paling kiri di worksheet. Dengan begitu, kolom D itulah yang dibaca sebagai kolom pertama. Untuk itu, pastikan kolom dan baris yang paling awal terlihat oleh worksheet.

Langkah selanjutnya adalah klik tab View dan pilih Group Window, kemudian klik Freeze Panes yang akan memunculkan banyak pilihan. Untuk mengunci baris pertama anda bisa pilih Freeze Top Row dan untuk mengunci kolom pertama anda bisa pilih Freeze Top Column. Secara otomatis, baris dan kolom pertama yang ada di dalam worksheet tidak akan bergeser.

Cara Freeze Baris dan Kolom Lebih dari Satu

Cara freeze Excel sebelumnya ditujukan untuk baris yang paling awal, yaitu menggunakan Freeze Top Row. Lalu, bagaimana jika ingin mengunci beberapa baris pertama agar tidak bergeser saat digulir ke bawah? Misalnya, anda ingin mengunci baris 1 hingga baris 5, maka baris yang perlu anda tandai adalah baris yang ke-6, yaitu baris di bawah baris ke-5.

Baris ke-6 tersebut harus anda blok semua, kemudian klik tab View, Group Window, dan pilih Freeze Panes. Opsi yang anda pilih di sini adalah Freeze Panes yang terletak paling atas. Dengan begitu, baris 1 hingga baris ke-5 tidak akan bergeser ketika anda gulirkan worksheet ke arah bawah. Sangat mudah, bukan?

Untuk freeze kolom yang lebih dari satu juga sama dengan baris, yaitu dengan blok kolom sebelah kanan dari kolom terakhir yang ingin anda freeze. Misal anda ingin freeze kolom A sampai C, maka yang diblok adalah kolom D. Kemudian pilih tab View dan Freeze Panes seperti sebelumnya.

Cara Freeze Kolom dan Baris Bersamaan

Kali ini adalah cara untuk mengunci kolom dan baris secara bersamaan dengan cara yang tidak kalah mudahnya. Konsepnya sama dengan freeze baris dan kolom yang lebih dari satu. Misalnya, anda ingin mengunci kolom A sampai C dan baris 1 sampai 3, maka anda bisa memilih sel 4D, cukup 1 sel.

Setelah itu, lakukan langkah yang sama untuk memilih Freeze Panes, maka kolom dan baris tersebut akan terkunci secara bersamaan dan tidak akan berpindah ketika anda menggeser worksheet. Cara freeze di Excel memang sangat mudah dan tidak perlu cara yang ribet, sehingga mudah untuk diikuti.

Mengunci baris, kolom, atau keduanya di dalam Excel akan sangat diperlukan apabila anda memiliki data yang sangat banyak. Apabila baris dan kolom yang penting sudah dikunci, maka anda akan lebih mudah untuk mengecek data yang ada di bawahnya tanpa perlu bolak-balik.