Cara Clear Cache Mozilla

  • oleh

 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah cache atau tembolok, khususnya bagi Anda yang gemar mengutak-atik sistem penyimpanan pada perangkat milik Anda. Saat mengakses suatu situs web, baik melalui perangkat PC, laptop, maupun smartphone, perangkat Anda akan otomatis menyimpan informasi yang dikirimkan dari situs web yang dibuka. Inilah yang dinamakan cache.

Singkatnya, browser cache merupakan data penyimpanan sementara dari halaman website yang berisi sisa-sisa penelusuran yang pernah Anda lakukan. Keberadaan cache berguna sebagai pengenal bagi peramban, sehingga peramban dapat dengan mudah mengidentifikasi situs yang pernah dibuka untuk selanjutnya menghemat bandwidth saat dibuka kembali di perangkat yang sama.

Bukan hanya menghemat bandwidth, cache juga berguna untuk mempercepat loading saat halaman yang sama dibuka kembali di kemudian hari. Lantas, jika demikian, mengapa cache perlu dihapus? Bukankah menguntungkan bagi pengguna? Nah, hal ini yang perlu dipahami oleh setiap pengguna PC atau laptop dan bagi Anda yang sehari-hari berselancar di internet.

Setiap peramban sebenarnya memiliki batasan besaran data cache yang bisa disimpan oleh perangkat yang digunakan. Meski bermanfaat untuk mempercepat loading dan menghemat bandwidth, jika data yang disimpan di cache terlalu banyak hingga mencapai kapasitas maksimumnya, maka butuh waktu pula bagi sistem untuk memilah data-data yang tersimpan. Sehingga, sebaiknya dilakukan penghapusan cache.

Penghapusan cache bisa dilakukan dalam periode tertentu sesuai keinginan Anda sebagai pengguna. Ada yang menghapus cache setiap bulan, setiap minggu, bahkan setiap hari selesai beraktivitas di internet. Untuk melakukan penghapusan cache pada Mozilla Firefox, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yuk, pelajari cara clear cache Mozilla Firefox dengan beberapa langkah berikut ini.

Pertama yang perlu Anda lakukan, tentu saja membuka peramban Mozilla Firefox yang terdapat pada perangkat Anda. Selanjutnya, klik ‘History/Riwayat’ yang terdapat pada menu bagian atas. Kemudian, akan muncul beberapa opsi dan pilihlah opsi ‘Clear Recent History/Bersihkan Riwayat Terakhir’. Setelahnya, akan muncul jendela yang di dalamnya terdapat beberapa opsi penghapusan cache.

Pada jendela tersebut, aturlan sejauh mana periode cache yang ingin Anda bersihkan. Ada beberapa pilihan, seperti 1 Jam Terkahir, 1 Bulan Terakhir, dan sebagainya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kemudian, hapus tanda centang pada pilihan lainnya, kecuali ‘Cache/Tembolok’. Jika sudah selesai semua langkah dilakukan, maka terakhir yang perlu dilakukan adalah klik ‘Bersihkan Sekarang’.

Tunggulah beberapa saat hingga penghapusan cache selesai dilakukan. Biasanya data penyimpanan cache yang cukup banyak akan memakan waktu, meski cenderung tidak lama. Setelah semua langkah telah dilakukan, Anda telah berhasil menghapus data cache dari perangkat PC atau laptop Anda. Kini, data penyimpanan pada perangkat Anda menjadi lebih lega.

Itulah tadi beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk penghapusan cache pada peramban Anda. Setelah mengetahui cara clear cache Mozilla bagi pemula, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas secara rutin. Tujuannya adalah untuk membuat ruang penyimpanan pada peramban Mozilla Firefox Anda semakin lega.

Bukan hanya pada Mozilla, penghapusan cache juga penting dilakukan bagi para pemilik website. Pastikan dan periksa selalu, bahwa cache website Anda tidak akan memberatkan pengguna. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara yang bisa Anda cari tahu pada website Charis.id. Pada situs ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai tutorial, komputer, jaringan, dan lainnya terkait terknologi.