Cara Belajar Corel Draw dengan Baik

  • oleh

Corel Draw merupakan Program komputer untuk membantu manusia membuat desain grafis yang berbasis vektor. Sesuai dengan namanya, software ini dirancang dan diciptakan oleh perusahaan Corel. Corel Draw diproduksi oleh perusahaan software yang berada di Negara Kanada. Software ini pertama kali dirilis pada 1 Januari 1989 dan hingga versi terbarunya yang dirilis pada 15 Maret 2016. Selama 27 tahun Corel Draw sudah mengalami banyak perkembangan dan sudah ada 18 versi corel draw yang paling populer sampai saat ini, yakni corel draw X3, corel draw X4, corel draw X5, corel draw X6, corel draw X7, dan corel draw X8. Selain itu juga terdapat versi corel draw portable sehingga kita dapat menggunakannya tanpa harus menginstall terlebih dahulu.

Fungsi Corel Draw

Corel draw biasanya digunakan untuk membuat desain grafis seperti poster, manipulasi gambar, pamflet, spanduk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai salah satu software desain yang sangat terkenal, corel draw dapat dengan sangat mudah dicari dan diunduh secara gratis di internet.

Tutorial Dasar Corel Draw

Pengguna corel draw pun hingga saat ini sudah sangat banyak, namun masih ada yang bingung bagaimana cara menggunakan corel draw. Hal ini sudah biasa terjadi untuk para pemula. Namun jangan terlalu khawatir, pada artikel ini kami akan mengulas tentang tutorial dasar cara belajar corel draw untuk pemula.

Pertama, kenali bagian-bagian dari corel draw. Untuk dapat mahir dalam menggunakan Software CorelDRAW, anda harus tahu bagian-bagian apa saja yang ada pada Corel beserta fungsinya seperti bagian Toolbox, Menu Bar, Standard Bar, Property Bar, Docker dan lain-lain. Tool box merupakan fitur utama dan penting yang ada di dalam Corel Draw. Di sini terdapat perintah-perintah dasar yang bisa kalian gunakan saat akan memulai desain. Kemudian terdapat bagian bernama property bar, yang merupakan sebuah menu berisi tentang perintah untuk mengatur atau mensetting lembar kerja yang akan kita pakai. Lalu Tool Bar, merupakan menu yang berisi perintah akhir dan untuk memudahkan pengoperasian Corel Draw. Di tool bar sendiri juga tidak terlalu banyak menu perintah yang kita pakai.

Setelah anda sudah mempelajari dan memahami fungsi-fungsi tool yang ada, sekarang mulailah melakukan tehnik-tehnik dasar di corel draw. Salah satu kelebihan dari Corel draw dibanding software desain lainnya ialah lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan dibandingkan software lainnya. Ia didukung dengan tampilan yang segar dan tidak membuat mata anda pusing.

Pada versi terbaru bahkan telah disediakan fitur yang dapat memungkinkan Anda untuk mengubah Workspace atau bisa disebut tampilan dari corel draw sesuai kehendak Anda dan ini dinilai sangat berguna, bahkan bagi orang yang terbiasa menggunakan Illustrator, Anda bisa mengubah tampilannya menyerupai illustrator.Pelajari juga mengenai shortcut key pada Corel draw.

Tidak jarang tutorial yang tersebar di internet bukannya memberikan pencerahan bagi seseorang, malah membuatnya semakin kebingungan. Hal ini umumnya dikarenakan tutorial yang diberikan sering tidak urut. Bila anda mengalami kebingungan, Anda bisa coba mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus komputer. Di sana anda akan dibimbing oleh ahli bidang komputer sehingga anda tidak akan lagi kebingungan. Bila anda berdomisili di Surabaya terdapat kursus komputer Surabaya. Tempat kursus ini sudah tersebar dimana-mana sehingga anda dapat menemuinya dimana-mana, tergantung tempat anda berdomisili.

Tag: