5 Tips Merawat Bunga Kupu Kupu, Anda Wajib Tahu

  • oleh

Apabila anda melihat sketsa bunga kupu kupu yang indah ini, anda pun pastinya akan tahu jika tanaman ini termasuk jenis tanaman yang mewah. Namun, jika anda tertarik untuk merawatnya, maka anda tak perlu khawatir. Hal ini karena teknik perawatan bunga ini tak perlu memerlukan cara khusus. Jika anda penasaran, berikut simak ulasannya untuk anda.

Tips yang Perlu Anda Tahu Dalam Merawat Tanaman Satu Ini

  1. Letakkan di Dalam Ruangan

Hal pertama yang perlu untuk anda perhatikan adalah dengan meletakkan bunga satu ini di dalam ruangan. Untuk itu, anda pun perlu tahu bahwa bunga satu ini hidup dalam suhu yang sejuk dan disarankan tidak boleh untuk terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Adapun suhu terbaik untuk merawat bunag satu ini adalah berkisar antara 15 hingga 24 derajat Celcius. Sehingga, jika di dalam ruangan anda memiliki suhu ruang yang terlalu panas, maka bunga satu ini pun akan cepat layu dan bunganya juga tidak bisa mekar dengan sempurna. Karena Indonesia memiliki iklim yang tropis, ada baiknya anda menyimpannya di dalam rumah.

Selain itu, anda juga perlu untuk mengatur ruangan dan penyimpanan dari bunga kupu kupu ini. Meskipun di dalam rumah, usahakan untuk tetap menyimpannya di suhu ruang yang tidak lembab dan cerah. Sebab, jika anda menyimpannya di tempat yang tepat, maka bunga tersebut akan bisa mekar dan juga menonjolkan daun ungunya yang mirip dengan kupu kupu.

  1. Penyiraman

Untuk menyiram bunga satu ini juga diperlukan tips khusus. Sebaiknya anda menyiram bunga satu ini secara mingguan saja dan tidak terlalu sering. Hal ini karena apabila terlalu banyak air akan membuat tanaman tersebtu menjadi menutup dan layu. Selain itu, anda juga perlu untuk mengetahui bahwa tekadang bunga satu ini tidak aktif dan juga layu.

Umumnya, kondisi tersebut akan terjadi sepanjang musim panas dan nantinya akan kembali subur apabila memasuki musim dingin. Apabila anda menyiramnya terlalu sering, hal ini juga tidak baik bagi bunga tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi tanah nantinya akan menjadi basah dan akan lebih rentan membusuk.

Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan terlalu sering menyiramnya. Namun, disaat musim kemarau, sebaiknya anda menyiram tanaman tersebut di bagian atas tanah yang memang terasa sangat kering. Disini, waktu yang pas untuk menyiramnya adalah 1 hingga 2 hari. Namun ketika musim dingin, ada baiknya anda hanya perlu menyiramnya 2 – 3 kali dalam seminggu saja.

  1. Pengaturan Cahaya

Bunga jenis kupu kupu ini juga memiliki pengaturan cahaya yang perlu untuk anda perhatikan. Hal ini karena agar bunga tersebut dapat tumbuh dengan baik. Umumnya anda bisa menempatkan bunga satu ini di dalam rumah, namun memiliki cahaya terang di dalamnya. Apabila anda menempatkannya pada lokasi yang kurang cahaya, maka bunga ini pun tidak akan bisa mekar.

Selain itu, ketika anda menempatkanya di luar ruangan, maka anda pun bisa meletakkannya di lokasi yang cerah dan tidak mendapatkan sinar matahari secara langsung. Pasalnya, jika anda menempatkan pada tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung, maka hal tersebut akan membuat daunnya menjadi mudah terbakar.

Itulah beberapa tips yang perlu anda tahu ketika ingin merawat tanaman kupu kupu. Apabila anda merawatnya dengan benar, maka bunga satu ini pun akan bisa tumbuh dengan subur. Tidak hanya itu saja, bunga tersebut akan bisa berbunga dan mekar dengan warna yang sangat cantik.