Berkenalan dengan Jembatan Tenggarong

  • oleh

Jembatan Tenggarong atau lebih dikenal dengan nama Jembatan Kutai Kartangera adalah jembatan yang pernah viral karena ambruk pada tahun 2011 di bulan November. Jembatan ini berdiri di atas Sungai Mahakam. Jembatan Kutai Kertanegara merupakan jembatan pelengkung baja. Jembatatan Kutai Kertanegara adalah jembatan yang paling panjang di Indonesia.

Mempunyai rekor sebagai jembatan terpanjang se-Indonesuia, Jembatan Kutai Kertanegara mempunyai panjang sekitar 710 meter. Jembatan ini mempunyai jembatan pengganti yang menggunkan penyangga kabel, pelengkung rangka baju, dan bentang pendekat sebesar dua buah. Jembatan ini menghubungkan Kota Samarinda dan Kota Tenggarong.

Pada tanggal 26 November 2011, Jembatan Kutai Kertanegara sempat ambruk. Lalu jembatan ini dibangun dua tahun kemudian pada tahun 2013. Dua tahun kemudian lagi, Jembatan Kutai Kertanegara diresmikan dan bisa digunakan untuk umum tepatnya pada tanggal 8 Desember 2015. Pada pembangunannya, jembatan ini dibuat mirip dengan Jemabatan Golden State.

Sebelum dinamai sebagai Jembatan Tenggarong maupun Jembatan Kutai Kertanegara, jembatan ini sempat mempunyai nama lain yaitu Jembatan Gerbang Dayaku pada saat awal diresmikan pada tahun 2002. Nama ini diambil dari slogan Bupati yang menjabat pada saat itu sebagai gagasan dari pembangunan jembatan ini.

Nama jembatan ini diganti pada saat pergantian jabatan bupati menjadi jembatan yang kita ketahui sekarang ini. Jika Anda melewati Jembatan Kutai Kertanegara untuk menuju Samarinda, maka Anda akan melewati perjalanan selama 30 menit. Selama perjalanan, Anda bisa menikmati pemadangan alam yang indah yaitu pulau kecil Bernama Pulau Kumala.