Bagaimana Cara Agar Website Muncul di Google?

  • oleh

Punya konten yang bagus tetapi tidak dengan website yang terkoneksi google index kan sayang banget. Nah! Kami punya satu saran buat kamu, ternyata untuk bisa memunculkan website di google, caranya adalah dengan menghubungkannya dengan google index.

So, mengenai google index sendiri ada hubungannya sama SEO. Menurut berita yang beredar, mengatur SEO dalam sebuah website itu rumit. Benarkah demikian? Kalau begitu kami beri solusinya secara detail di artikel berikut ini.

Agar Web Bisa Masuk Google

Apa itu Google Index?

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam, sebaiknya kamu tahu lebih dulu apa yang dimaksud dengan google index. Sebelumnya kan sudah kita bahas nih di atas, apa itu google index dalam website. Akan tetapi, kamu juga harus tahu arti secara istilahnya.

Jadi, google index merupakan sebuah database dalam komputer yang nantinya akan berguna dalam menampilkan hasil pencarian kepada pengunjung. Mengapa bisa demikian? Caranya adalah dengan memanfaatkan proses crawling dan indexing.

Agar Web Terindex ke Google Search

Setelah mengetahui apa itu makna dari google index, kini saatnya kamu tahu bagaimana cara untuk mengindexkan sebuah web agar bisa muncul di google. Banyak sekali caranya, namun agar tidak kesulitan kamu bisa ikuti step di bawah ini.

  1.   Tambahkan Web ke Google Console

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bisa memunculkan sebuah website menjadi muncul di google ialah dengan menambahkannya ke google console. Kenapa harus google console? Tentu saja sebuah website akan terindex monitoring kerjanya.

  1.   Perbaikan Indexing Error

Setelah melakukan hal di atas, langkah berikutnya kamu bisa melakukan perbaikan indexing google yang error. Sebab kehadiran google console juga bisa mengetahui hal apa yang membuat rangking sebuah website menjadi turun.

Adapun sejumlah error yang terjadi di website begitu sering dijumpai oleh pengguna. Seperti halnya 404 error, soft 404 error, server error, not followed, dan lain sebagainya. Maka dari itu, disinilah peran dari google console ditonjolkan.

  1.   Membuat Sitemap

Selain melakukan dua langka di atas, hal yang harus dilakukan adalah dengan membuat sitemap. Sitemap sebenarnya terdapat 2 jenis. Sitemap html yang sangat berguna untuk pengguna serta sitemap xml yang akan sangat memengaruhi pencarian di google.

  1.   Membuat Robots.txt

Selanjutnya untuk membuat website kamu muncul di google adalah dengan membuat robots.txt. Mengapa? Dengan membuat robots.txt nantinya google akan memberitahu file mana saja yang akan terindex oleh google pencarian. So, kamu harus tahu ini sangat penting, lho.

  1.   Mengupdate Konten

Bukan hanya melakukan serangkaian kegiatan di atas saja, kamu juga harus tahu cara lainnya. Mengupdate konten secara rutin ternyata juga mempengaruhi, lho! Update konten secara rutin akan membuat web kamu jadi mudah ditemui oleh pengguna. Makanya jangan pasif.

  1.   Kategori Konten

Kategori konten yang dibuat ternyata juga sangat memengaruhi apakah web kamu akan muncul di halaman google atau tidak. Biasanya orang menggunakan cara-cara pemanfaatan kata kunci atau SEO agar web mereka bisa muncul kala pengguna melakukan pencarian google.

  1.   Gandakan Link

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan agar web muncul di google dengan menggandakan link. Di sini kamu bisa menggandakan link kemudian dibagikan ke social media. Pastikan orang tertarik dengan isi konten kamu, maka mereka akan klik untuk membacanya.

Jika kamu baru pertama kali membuat website, kami sarankan kamu membeli Hosting Murah saja terlebih dahulu seperti shared hosting.