Mudah Digunakan, Berikut Deretan Aplikasi Edit Video PC Ringan yang Bisa Dipilih

  • oleh

Memiliki perangkat komputer atau laptop dengan spesifikasi low end, tidak jarang membuat banyak orang terkendala untuk membuat video atau sekadar melakukan editing sederhana. Jika anda termasuk salah satunya, jangan khawatir. Karena aplikasi edit video PC ringan bisa menjadi solusinya. Apa saja ? Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya.

Aplikasi Editing Video untuk PC yang Ringan

  1. Corel Video Studio

Corel memang sudah cukup lama terkenal di dalam bidang desain dan multimedia. Anda sendiri pasti pernah mendengar atau bahkan menggunakan salah satu produk aplikasi dari Corel, contohnya CorelDraw yang menjadi salah satu produk paling terkenal dari perusahaan tersebut.

Kali ini Corel meluncurkan aplikasi edit video bernama Corel Video Studio. Aplikasi ini termasuk ringan dan mudah dioperasikan lantaran tampilannya yang cukup sederhana. Sehingga anda yang tergolong masih pemula akan nyaman bekerja menggunakan software satu ini. Menariknya, hasil editing dari Corel Video Studio sangat memuaskan meskipun aplikasinya ringan.

  1. VirtualDub

VirtualDub termasuk kategori perangkat lunak yang simpel dan tidak rumit ketika digunakan. Sehingga aplikasi satu ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin mencoba melakukan berbagai teknik dasar editing. Dengan VirtualDub, anda bisa menghapus dan mengganti video secara praktis.

Aplikasi yang bisa diunduh pada Windows ini nyatanya tidak hanya berfungsi sebagai editor video saja. Namun anda juga bisa memanfaatkannya untuk merekam layar pada PC. Tidak heran jika VirtualDub diminati oleh banyak pengguna, karena setelah melakukan recording dengan aplikasi maka selanjutnya mereka bisa langsung mengeditnya pada aplikasi yang sama.

  1. Pinnacle Studio

Menurut Pixel, aplikasi edit video PC ringan selanjutnya yang cocok untuk para pemula yaitu Pinnacle Studio. Software ini merupakan penyunting video sederhana yang ringan dan murah, namun tetap mampu menawarkan beragam fitur lengkap. Mulai dari fitur editing paling dasar sampai dengan beberapa fitur canggih yang menarik untuk dicoba.

  1. InVideo

InVideo sering disebut sebagai tools pengeditan yang paling ramah pengguna. Bagaimana tidak UI aplikasi ini memang didesain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh hampir siapa saja. InVideo memungkinkan anda untuk membuat video pendek untuk tujuan promosi dan branding.

Selain itu, perangkat lunak tersebut juga bisa digunakan bagi anda yang ingin membuat poster langsung dan video Instagram. Dimana saat bekerja menggunakan InVideo, anda bisa memanfaatkan banyak fitur khusus, efek, gambar, dan masih banyak lagi. Ditambah anda tidak perlu memusingkan spek komputer yang tinggi saat menggunakan software ini.

  1. CyberLink PowerDirector

Selain InVideo, ada satu lagi aplikasi yang memiliki tampilan begitu user friendly yakni CyberLink PowerDirector. Tentunya dengan tampilan yang simpel dan sederhana seperti itu, maka perangkat lunak satu ini akan sangat mudah dioperasikan. Apalagi ada banyak fitur yang memudahkan proses pengeditan anda.

Kemudahan tersebut ada pada fitur Express Projects. Fitur ini menyediakan beragam template dengan banyak transisi, animasi, musik, dan efek yang dimiliki. Selain itu, CyberLink PowerDirector tersedia secara gratis dengan ukuran yang relatif kecil. Hal ini membuat software tersebut tidak berat meskipun digunakan pada perangkat dengan spek rendah.

  1. VideoPad Video Editor

Selama video yang dibuat tidak ditujukan untuk kebutuhan komersial, anda bisa menggunakan aplikasi VideoPad Video Editor secara gratis. Aplikasi yang terkenal sangat ringan ini bisa digunakan untuk belajar jika anda ingin menjadi seorang pro. Sebab fitur yang bisa dijajal untuk edit video begitu beragam layaknya profesional.

Adanya berbagai aplikasi editing video di atas memungkinkan mereka yang memiliki perangkat dengan spesifikasi low end, juga bisa melakukan editing video dengan nyaman. Beberapa bahkan tersedia secara gratis sehingga dapat menjadi pilihan utama. Tentunya bukan tidak mungkin untuk menciptakan hasil video yang menarik layaknya profesional dengan deretan software tersebut.