Lompat ke konten

Adab dan Doa Menjenguk Orang Sakit Dalam Ajaran Islam

  • oleh

Menjenguk tetangga, kerabat atau orang yang sedang sakit merupakan amalan baik yang dianjurkan oleh Nabi. Amalan yang satu ini merupakan ajaran dari Rasulullah SAW untuk umatnya agar senantiasa menjalin persaudaraan antar sesama umat muslim. Namun, ada beberapa adab yang perlu dilakukan ketika sedang menjenguk orang sakit. Berikut simak adab dan doa menjenguk orang sakit dalam ajaran Islam.

Tata Cara dan Bacaan Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit

Adapun adab, perilaku, atau tata krama yang wajib dilakukan atau dipatuhi oleh umat muslim ketika sedang menjenguk orang yang sedang sakit. Seperti dengan adab berpakaian yang rapi dan sopan ketika menjenguk, usahakan mengenakan pakaian yang tertutup dan sopan. Menunjukkan rasa empati yang tinggi dengan membacakan doa agar diberi kesembuhan. Berikut ini adalah bacaan doanya;

سَقْمًا يُغَادِرُ لَا شِفَاءً أَنْتَ إلَّا شَافِيَ لَا, الشَّافِي أَنْتَ ,اشْفِ الْبَأْسَ أَذْهِبِ النَّاسِ رَبَّ اللَّهُمَّ

Arti dari bacaan doa di atas adalah, “ Ya Allah, hilangkanlah segala penyakit, berikanlah kesembuhan dan kesehatan karena Engkaulah sang maha penyembuh dan tiada hal yang dapat menyembuhkan kecuali dengan pertolonganMu. Dan Engkaulah yang maha menyembuhkan tanpa menyisakan rasa nyeri sedikitpun”. Anjuran membaca doa tersebut yaitu agar diberikan rahmat dan ampunan serta kesehatan dan keselamatan pada yang sedang sakit.

Demikian sedikit informasi mengenai adab atau tata krama ketika sedang mengunjungi orang sakit dan bacaan doa untuk orang yang sedang sakit. Semoga sedikit informasi di atsa bisa menambah wawasan serta pengetahuan bagi pembaca seputar bacaan doa dan adab menjenguk orang yang sedang sakit.