Sejarah Peninggalan Kerajaan Pajang

  • oleh

Kerajaan Pajang adalah salah satu kerajaan tertua yang menyebarkan agama Islam khususnya di Pulau Jawa. Kerajaan ini muncul setelah kesultanan Demak ini runtuh. Kerajaan Pajang sendiri didirikan di tahun 1549 sampai dengan 1587 Masehi. Keberadaan dari kerajaan ini digagas oleh salah satu tokoh penting yaitu Jaka Tingkir.

Peninggalan Kerajaan Pajang dan Sejarah Pentingnya

Kerajaan Pajang sendiri adalah kerajaan yang pusatnya berada di Jawa Tengah. Dulunya, terdapat perselisihan yang dilakukan oleh Jaka Tingkir dan juga Arya Penangsang. Jaka Tingkir sebagai pemenang dari perselisihan ini pada akhirnya memindahkan pusat pemerintahannya ke Pajang hingga dikenal dengan Kerajaan Pajang sampai saat ini.

Sedangkan untuk beberapa peninggalan dari Kerajaan Pajang sendiri adalah:

  • Bandar Kabanaran

Bandar Kabanaran ini adalah bukti peninggalan pertama dari Kerajaan Pajang. Bandar Kabanaran sendiri terletak pada tepi Sungai Jenes atau salah satu anak dari Sungai Bengawan Solo.

  • Pasar Laweyan

Pasar Laweyan juga salah satu bukti dari peninggalan Kerajaan Pajang. Pasar ini dulunya merupakan salah satu pusat dari perekonomian rakyat. Bahkan sampai saat ini, Pasar Laweyan sendiri juga merupakan salah satu lokasi jual beli yang masih digunakan oleh sejumlah masyarakat.

  • Masjid Laweyan

Selain Pasar Laweyan, Masjid Laweyan juga menjadi peninggalan bersejarah dari Kerajaan Pajang. Masjid ini masih digunakan sampai saat ini meskipun telah dilakukan beberapa kali perbaikan.