3 Minuman Untuk Susah Bab atau Sembelit

  • oleh

Susah bab biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan dan minuman serat. Selain itu kekurangan cairan juga membuat gerak usus menjadi tidak lancar dan feses jadi keras. Jadi jika Anda merasa sulit buang air besar perbanyak minum minuman untuk susah bab bisa sangat membantu.

Air putih

Sudah disinggung di awal, dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menyebabkan sulit bab. Jadi solusinya adalah perbanyak minum air putih, dengan ukuran total berat badan dibagi 30. Jadi misal bb Anda 50:30 = 1.6 liter per hari. Anda juga bisa memilih air putih dengan ph tinggi. Beberapa merk air mineral sudah banyak yang menjual air putih dengan ph tinggi.

Jus plum

Buah plum merupakan buah yang sangat dianjurkan jika sedang merasa sembelit, pasalnya buah plum sangat tinggi serat. Kandungan sorbitol juga akan membantu memasukkan air dalam usus sehingga bab semakin lancar. Disarankan untuk konsumsi setengah gelas jus prun setiap hari. Jika kesulitan mencari buah aslinya, Anda bisa membeli ekstrak buah plum di toko kesehatan.

Teh Jahe

Teh Jahe selain bisa menghangatkan tubuh juga membuat perut terasa nyaman. Minuman teh jahe juga dianggap bisa mengobati iritasi pada sistem pencernaan. Sehingga bab akan semakin mudah jika sistem pencernaan Anda sudah tidak ada lagi masalah. Dianjurkan untuk penderita sembelit, minum teh jahe minimal 1 cangkir sehari.