3 Ide Mainan Anak 10 Bulan

  • oleh

Anak-anak sangat suka melakukan berbagai aktivitas termasuk memainkan mainan anak 10 bulan. Mainan memang sudah harus diberikan kepada anak sedini mungkin. Ya, karena mainan bisa memberikan rangsangan kepada otak anak.

Sebaiknya Anda memberikan mainan sederhana yang sesuai dengan anak berusia 10 bulan. Mainan apa yang cocok untuk bayi 10 bulan? Berikut ini rekomendasi lengkapnya untuk Anda.

Cara Memilih Mainan Anak 10 Bulan

Memilih mainan untuk anak terkadang terasa sangat membingungkan. Apalagi kini sudah banyak jenis mainan yang dijual di pasaran. Nah, sebagai orang tua tentunya Anda harus memilih mainan yang tepat untuk anak Anda yang masih berusia 10 bulan. Jangan sampai mainan yang tidak tepat malah akan membahayakan anak.

Mainan untuk anak yang berusia 10 bulan sebaiknya mainan yang sederhana. Hal ini tentunya agar anak mudah memahami bagaimana cara memainkannya. Mainan yang sederhana juga bisa memberikan rangsangan sederhana kepada anak, misalnya rangsangan bunyi dan gerakan. Anak pun akan dengan mudah mengikuti atau menirukannya.

Daftar Ide Mainan Anak 10 Bulan

Anda bisa memberikan mainan-mainan berikut ini untuk anak berusia 10 bulan. Pastikan Anda mengajarinya dulu cara bermainnya ya. Misalnya, dengan menggerakkan mainan tersebut di depan anak Anda.

  1. Boneka

Boneka bukan hanya mainan untuk anak perempuan, tetapi juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Anda bisa memberikan boneka berukuran kecil maupun boneka tangan yang bisa digerakkan. Pastinya anak Anda akan merasa senang.

Cobalah untuk menggerakkan boneka sambil menceritakan suatu dongeng atau cerita. Selain belajar tentang gerakan, anak juga akan belajar tentang perilaku. Selain membuat anak senang, Anda juga tidak perlu khawatir jika bonekanya rusak. Ya, karena boneka bisa dengan mudah dijahit atau dicuci ketika kotor.

  1. Selimut

Selimut merupakan mainan anak yang sangat sederhana. Meskipun sederhana, Anda bisa menggunakannya untuk bermain dengan anak. Anda bisa bermain permainan cilukba atau sembunyi-sembunyian. Tutup wajah Anda dengan selimut kemudian buka selimut sambil menyapa atau menampilkan ekspresi wajah yang lucu. Anak pasti akan tertawa.

Selain membuat anak merasa senang, ternyata permainan cilukba menggunakan selimut juga memiliki manfaat lainnya. Manfaatnya adalah melatih anak untuk memahami konsep bahwa sesuatu yang tidak terlihat belum tentu hilang dan nantinya akan kembali. Konsep ini akan mengajarkan anak bahwa jika orang tuanya meninggalkannya sebentar, orang tua akan segera kembali.

Jadi anak Anda tidak akan langsung rewel atau menangis ketika ditinggal pergi sebentar ke dapur atau kamar mandi. Wah dari mainan sederhana seperti selimut dan cilukba, ternyata bisa membuat anak belajar ya.

  1. Mainan yang Mengeluarkan Bunyi

Selain dua mainan di atas, Anda juga bisa memberikan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi kepada anak. Mainan seperti ini akan membantu anak Anda mengenal bunyi-bunyian. Lebih bagus lagi jika Anda memberikan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi seperti lagu atau musik.

Cobalah untuk bergerak-gerak mengikuti irama musik. Anak tentunya akan mulai mengikuti gerakan Anda. Selain mengenal bunyi-bunyian, anak akan belajar untuk melakukan berbagai macam gerakan.

Pilihlah mainan yang mengeluarkan bunyi ketika ditekan atau digoyangkan. Berilah contoh kepada anak untuk menyalakannya. Anak akan belajar juga tentang fungsi suatu benda. Nantinya ia akan bisa menekan atau menggoyangkan mainan sendiri.

Mainan anak 10 bulan di atas bisa menjadi pilihan untuk Anda. Memilih mainan memang harus disesuaikan dengan usia anak. Jika nanti anak Anda sudah menginjak usia 5 tahun ke atas, maka pilihlah mainan yang lebih sesuai seperti perosotan. Anda bisa membelinya di toko yang jual perosotan kolam renang untuk anak.